Hamas Minta Jusuf Kalla Fasilitasi Perdamaian, Akhiri Konflik Palestina-Israel

Hamas Minta Jusuf Kalla Fasilitasi Perdamaian, Akhiri Konflik Palestina-Israel

Berita Utama | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 01:30
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) diminta Hamas untuk memfasilitasi upaya perdamaian agar konflik Palestina-Israel segera berakhir. Diketahui, JK bertemu dengan delegasi Hamas yang dipimpin Pejabat Biro Politik dan Wakil Kepala Urusan Internasional Hamas Dr. Bassem Naim di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (6/5/2024) lalu.

“Kemarin, saya ke Kuala Lumpur untuk perdamaian. Perdamaian bagaimana Hamas minta kita untuk memberikan fasilitasi, mendorong perdamaian,” ujar JK, Selasa (7/5/2024).

JK mengatakan, dia bersama Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim juga telah mendorong Hamas agar mengakhiri konflik. Termasuk mengakhiri konflik dengan Fatah.

“Saya bilang ya, di samping itu Anda juga harus (damai) antara Palestina sendiri, antara Hamas dengan Fatah, harus berdamai,” ujar JK.

“Oleh karena itu kita berusaha ke situ. Dengan Pak Anwar kita bicarakan, mendorong mereka berdamai dan juga bagaimana soal regional. Saya bilang jangan khawatir, seluruh Indonesia, Malaysia itu mendukung (Palestina), tapi kita usahakan sekarang bagaimana terjadi perdamaian dulu,” ujarnya.

JK mengakui, menjadi mediator konflik Palestina-Israel tidak mudah. Pasalnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) saja seringkali tidak dianggap suaranya.

“Mediator itu sudah agak sulit. PBB saja tidak dianggap, dengan negara Timur Tengah lainnya tidak dianggap. Untuk itu mereka minta kita semua dan juga memberikan saran-saran, juga bicara bagaimana penyelesaiannya,” katanya.

Topik Menarik