Jonatan Christie Juara All England 2024: Mimpi Jadi Kenyataan!

Jonatan Christie Juara All England 2024: Mimpi Jadi Kenyataan!

Berita Utama | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 00:45
share

BIRMINGHAM, iNews.id- Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie tak percaya bisa menjadi juara sekaligus mengulangi sejarah di All England 2024. Momen ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan.

Jonatan juara All England 2024 setelah memenangkan laga All Indonesian Final kontra Anthony Sinisuka Ginting. Dalam pertandingan yang digelar di Utilita Arena, Birmingham, Inggris itu dia menang dua gim langsung dengan skor 21-15 dan 21-14 dalam waktu 55 menit.

Dengan hasil tersebut, Jojo -sapaan Jonatan- berhasil meraih titel pertamanya di All England. Bahkan, ini juga menjadi gelar perdananya di level turnamen BWF Super 1000.

Sebelumnya, Jonatan dan Ginting juga telah mengukir sejarah dengan menghadirkan laga All Indonesian Final pertama di All England sejak 30 tahun lalu. Kini, pemain berusia 26 tahun itu pun mengulangi pencapaian Hariyanto Arbi yang menjadi tunggal putra terakhir Tanah Air yang naik podium pertama di turnamen bulutangkis tertua di dunia itu pada 1994 silam.

Dalam wawancara pasca laga di tengah lapangan pertandingan Jonatan mengaku sangat senang bisa menjadi juara All England 2024. Saking senangnya, dia menilai momen ini seperti mimpi yang jadi kenyataan.

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Tuhan karena tanpa-Nya saya tidak bisa menjadi juara di sini. Ini seperti mimpi menjadi kenyataan. Kami berhasil membuat All Indonesian Final, kami membuat sejarah lagi, dan saya sangat senang, kata Jonatan.

Lebih lanjut, pemain ranking sembilan dunia itu juga mengaku tak percaya bisa menjadi yang terbaik di All England 2024. Pasalnya, pekan lalu dia gugur di babak 32 besar French Open 2024 usai dibekuk utusan Taiwan, Wang Tzu Wei, dengan skor 21-12, 21-23 dan 17-21.

Bahkan, ini menjadi titik kebangkitan Jonatan pada tahun ini. Pasalnya, selama tahun 2024 dia gugur di babak 32 besar dalam tiga dari lima turnamen yang diikutinya.

Saya tidak percaya ini bisa terjadi karena minggu lalu saya kalah di babak pertama (French Open) tapi di turnamen ini saya bisa menjadi juara. Saya tidak tahu apa yang Tuhan inginkan tapi saya sangat senang dan sangat bangga menjadi tunggal putra Indonesia, pungkas pemain kelahiran Jakarta itu.

Prestasi Jonatan di All England 2024 juga membuatnya mengakhiri puasa gelar Super 1000 tunggal putra Indonesia yang sudah tertahan selama enam tahun. Sebelumnya, Ginting menjadi pemain terakhir yang juara di level tertinggi turnamen BWF World Tour itu saat menjuarai China Open 2018.

Topik Menarik