KPU Buka Suara Terkait Kerja Sama Cloud Sirekap Pemilu 2024 dengan Alibaba

KPU Buka Suara Terkait Kerja Sama Cloud Sirekap Pemilu 2024 dengan Alibaba

Berita Utama | jatenginfo.inews.id | Minggu, 17 Maret 2024 - 01:45
share

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) August Mellaz mengaku belum mengetahui perihal kerja sama antara KPU dengan raksasa teknologi asal China, Alibaba . Kerja sama itu terkait pengadaan dan kontrak komputasi awan (cloud) untuk Sistem Informasi Rekapitulasi ( Sirekap ) Pemilu 2024.

Mellaz bakal menanyakan kebenaran informasi tersebut kepada internal KPU. "Saya masih belum tahu ya, nanti kita tanya di internal. Kalau tidak salah itu bagiannya di urusan teknologi informasi di Ibu Betty (Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Betty Epsilon Idroos) di situ ya," kata Mellaz di kantor KPU, Jumat (15/3/2024) malam.

Saat ini, kata Mellaz, KPU sedang fokus melakukan rekapitulasi suara berjenjang tingkat nasional. Sebab KPU harus mengumumkan hasil pemilu 2024 paling lambat 20 Maret 2024.

Sebelumnya, Komisi Informasi Pusat (KIP) menyidangkan sengketa informasi yang dimohonkan Yayasan Advokasi Hak Konstitusional (Yakin). Dalam persidangan terungkap pihak termohon yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) ternyata bekerja sama dengan Alibaba.

Mulanya, Majelis Komisioner (MK) KIP Arya Sandhiyudha menanyakan langsung kepada Luqman Hakim dari perwakilan KPU terkait kebenaran kontrak kerja sama dengan Alibaba. Dalam persidangan, Luqman membenarkan kerja sama itu berkaitan dengan cloud Sirekap .

"Jadi benar KPU memiliki kerja sama dengan Alibaba cloud ?" tanya Arya, Rabu (13/3/2024).

"Benar, majelis," jawab Luqman.

Perlu diketahui, Yakin mengajukan dua permohonan kepada KIP. Permohonan pertama terkait akses lebih baik ke data real count.

Menurut Yakin, tantangan saat ini yang dihadapi masyarakat dalam mengakses data pemilihan waktu nyata, khususnya hasil real count yang hanya tersedia melalui antarmuka web berdasarkan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Yakin menekankan ketidakpraktisan pemantauan manual mengingat jumlah TPS yang sangat besar.

Sedangkan permohonan kedua mengenai rincian infrastruktur sistem IT KPU. Berdasarkan penelitian Yakin, berbagai antarmuka web terkait Pemilu 2024, seperti pemilu2024.kpu.go.id dan sirekap-web.kpu.go.id, menuju ke alamat IP yang dihosting oleh server Alibaba Cloud yang berlokasi di Singapura.

Dalam konteks tersebut, Yakin meminta informasi rinci tentang infrastruktur IT KPU terkait Pemilu 2024, termasuk topologi, rincian server fisik dan cloud, lokasi server, rincian jaringan, dan langkah-langkah keamanan siber seperti CDN, perlindungan DDoS, dll.

Yakin juga mencari informasi tentang layanan Alibaba Cloud yang digunakan, termasuk proses pengadaan dan kontrak antara KPU (atau perwakilannya) dan Alibaba Cloud. Informasi yang sensitif untuk keamanan siber, seperti alamat IP server di belakang CDN, tentu saja dapat dirahasiakan dalam informasi yang diberikan kepada Yakin.

Topik Menarik