Ulat Bulu Teror Pemukiman Warga di Tanjungpinang

Ulat Bulu Teror Pemukiman Warga di Tanjungpinang

Berita Utama | batam.inews.id | Kamis, 29 Februari 2024 - 15:10
share

TANJUNGPINANG, iNewsBatam.id - Warga di Kelurahan Pantai cermin, diresahkan dengan kemunculan ribuan ulat yang menyerang tanaman. Bahkan, populasi hewan tersebut semakin meluas hingga menyarang taman di SMPN 1 Kelurahan Bukit Cermin

Kepala Sekolah SMPN 1 Tanjungpinang, Dirman mengatakan, awalnya ulat bulu berjumlah sedikit. Namun setelah dua pekan populasinya semakin meningkat. Akibatnya aktivitas sekolah menjadi terganggu.

"Lebih kurang dua minggu dan makin lama makin banyak. Kita khawatir nantinya bisa menggangu anak-anak yang sedang bermain di luar," ucapnya.

Hal tersebut dibenarkan Lurah Bukit Cermin, Ima Rosida. Menurut Ima, ulat-ulat tersebut sudah menyebar dibeberapa RT di kelurahan Bukit Cermin.

Menurut laporan warga, tidak hanya menyerang tumbuhan, binatang ini juga sudah masuk ke rumah-rumah. "Sudah banyak, sampai masuk rumah. Warga jadi takut," ujarnya kepada iNews Batam, Kamis (29/2/2024).

Melihat jumlah yang semakin banyak dan meresahkan, pihaknya langsung meminta bantuan Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Tanjungpinang untuk pengendalian hama ulat.

Menanggapi laporan tersebut, petugas BPBD Tanjungpinang langsung turun ke lokasi. Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pertanian membasmi ulat dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan.

"Kita sudah melakukan pemusnahan ulat-ulat dengan disinfektan, penyemprotan kita lakukan di tempat-tempat yang dihinggapi ulat," Kata Kepala BPBD Tanjungpinang Muhammad Yamin.

Untuk memastikan ulat bulu tidak kembali menyerang, petugas BPBD juga melakukan pemotongan pohon yang diduga menjadi tempat hinggap ulat.

Dijelaskannya, beberapa bulan sebelumnya ulat serupa juga pernah menyerang di kelurahan Senggarang dan berhasil dibasmi petugas. "Ini laporan kedua. Kita mengimbau masyarakat untuk segera menginformasikan jika ada serangan dari ulat serupa," tutupnya.

Topik Menarik