Kasus DBD Terus Meningkat, Ini Upaya Dinas Kesehatan Kota Cilegon

Kasus DBD Terus Meningkat, Ini Upaya Dinas Kesehatan Kota Cilegon

Terkini | banten.inews.id | Rabu, 24 April 2024 - 21:00
share

CILEGON, iNewsBanten - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon,  menyampaikan kasus Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Cilegon terus meningkat. Tercatat bulan Januari ada sebanyak  27 kasus, bulan Februari 43 kasus, bulan Maret 43 kasus dan bulan April 2024 sebanyak 54 kasus.


Foto: Pasien warga kota yang sedang berobat di Puskesmas Jombang, Kota Cilegon.

 

Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKP UKM) pada Dinkes Cilegon, Febri Naldo, menyampaikan, kasus DBD di Kota Cilegon terjadi peningkatan yang signifikan "mencapai 200 persen lebih," ucap Febri saat ditemui diruagan kerjanya, Rabu (24/4/2024).

Adapun penyebab meningkatnya kasus DBD di Cilegon, Febri mengatakan, penyebab meningkatnya kasus DBD di Cilegon, selain faktor masuknya musim hujan yang mengakibatkan genangan air. Namun juga disebabkan oleh perubahan cuaca yang tak menentu.

 

"Disertai juga intensitas hujan yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan genangan dan berkembang biaknya nyamuk, selain itu juga penyebabnya pancaroba," kata Febri Naldo.

Masih kata Febri, menyatakan pihaknya terus melakukan berbagai upaya pencegahan penyakit DBD tersebut. Seperti melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), melakukan sosialisasi tentang hidup bersih dan sehat, serta melakukan koordinasi lintas sektor yang ada di Cilegon.  Namun, demikian ia meminta kesadaran warga juga dalam melaksanakan hidup bersih dan sehat di Cilegon. 

"Jadi petugas kesehatan yang berada di Kecamatan Jombang, Cibeber,  dan Purwakarta kalau bisa sosialisasinya ditingkatkan dan melakukan koordinasi lintas sektor agar menggerakkan PSN," imbuhnya.

 

Febri mengimbau kepada masyarakat, agar terus melakukan PSN dan menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, serta mencegah adanya genangan air di sekitar lingkungan yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti atau nyamuk demam berdarah. 

"Kalau bisa masyarakat terus meningkat menggerakan Penceghan Sarang Nyamuk (PAN), dan juga mencegah adanya genangan air di sekitar lingkungan yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk DBD," pungkasnya.

Topik Menarik