4 Penipu Pengusaha Plastik di Tangerang Ditangkap, Rugikan Korban Rp122 Juta

4 Penipu Pengusaha Plastik di Tangerang Ditangkap, Rugikan Korban Rp122 Juta

Terkini | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 08:16
share

TANGERANG, iNews.id - Polisi menangkap empat orang berinisial TM (29), GR (31), HH (37) dan ANS (24). Keempatnya menipu pengusaha plastik di Tangerang hingga menimbulkan kerugian Rp122 juta.

Kasat Reskrim Polresta Tangerang Kompol Arief Nazaruddin Yusuf menjelaskan, pelaku menipu korbannya dengan berpura-pura ingin membeli plastik gilingan sebanyak lima ton. Akan tetapi, barang tersebut tidak dibayar.

"Pada Rabu (20/3/2024), di tempat penggilingan plastik milik korban, para tersangka datang dan mengaku hendak membeli plastik gilingan sebanyak lima ton. Namun ternyata barang yang diangkut digelapkan, tidak dibayar," kata Arief dalam keterangannya, Senin (6/5/2024).

Arief menuturkan, semula pelaku meminta barang tersebut diantarkan ke lokasi yang telah ditentukan. Setiba di lokasi, barang tersebut ditimbang dan dibawa oleh sopir suruhan ANS.

Tak lama berselang, ANS juga pergi dengan alasan ada keperluan. Sedangkan pegawai korban diminta menunggu di lokasi itu.

"Namun setelah beberapa jam, tidak ada yang kembali ke lokasi. Pegawai korban berusaha menghubungi tersangka ANS yang mengaku bernama Sri itu. Namun nomor handphone tidak aktif," ujar dia.

Korban yang sadar ditipu kemudian langsung melapor ke polisi. Setelah ditangkap, ANS mengakui penipuan dilakukan bersama tiga orang lainnya. 

Polisi pun bergerak untuk menangkap ketiga orang yang dimaksud oleh ANS. Salah satunya merupakan kakak ANS berinisial TM.

“Petugas pun tidak mengalami kesulitan mengamankan 3 tersangka lain yakni TM, GR, dan HH. Untuk tersangka GR dan HH ditangkap di salah satu perumahan di daerah Legok, Kabupaten Tangerang,” kata Arief.

Akibat perbuatan keempat pelaku, korban mengalami kerugian mencapai Rp122 juta. Para telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

“Atas kejadian itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp122 juta,” ujar Arief.

Topik Menarik