7 Oleh-Oleh Kota Cirebon Harus Dibeli saat Mudik Lebaran, Unik Ada Kerupuk Melarat!

7 Oleh-Oleh Kota Cirebon Harus Dibeli saat Mudik Lebaran, Unik Ada Kerupuk Melarat!

Travel | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 12:46
share

JAKARTA, iNews.id - Melakukan perjalanan mudik yang jauh tentu membuat Anda harus singgah ke beberapa tempat peristirahatan. Apalagi, bagi Anda yang mudik ke pulau Jawa menggunakan transportasi darat.

Salah satu kawasan yang mungkin Anda singgahi adalah Cirebon. Jika mampir ke sana, tak ada salahnya jika membeli beberapa oleh-oleh khas untuk keluarga tercinta.

Apalagi, Kota Cirebon merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan beraneka ragam makanan dan jajanan yang khas. Tidaklah heran jika sejumlah pemudik masih tampak memadati sejumlah tempat kuliner dan sentra penjualan oleh-oleh khas Cirebon ini.

Nah, berikut beberapa oleh-oleh yang wajib Anda beli saat mudik atau mampir di Cirebon, dirangkum pada Jumat, (29/3/2024).

1. Kue Gapit

Kue Gapit merupakan oleh-oleh populer bagi para pemudik. Camilan khas Cirebon satu ini memang terlihat mirip kerupuk karena bentuknya yang tipis dan teksturnya yang sangat renyah. Sekilas bentuk dari Kue Gapit mirip seperti waffle namun lebih tipis. Dengan banyaknya varian rasa dari Kue Gapit mulai dari rasa keju, bawang, hingga kencur dan original, Anda bisa menjadikan camilan tradisional asal Cirebon ini sebagai oleh-oleh saat ke Cirebon .

2. Kerupuk Rambak

Bagi penggemar kuliner kerupuk kulit, maka oleh-oleh khas Cirebon selanjutnya ini mungkin bisa jadi pilihan yang pas. Kerupuk Rambak adalah olahan kerupuk kulit khas Cirebon yang kerap disajikan bersama makanan khas Cirebon, empal gentong. Namun, Anda juga bisa menemukan Kerupuk Rambak yang dijual terpisah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari Cirebon.

3. Cirebon Sultana

Ketika menyambangi Kota Cirebon, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi dan membungkus kue kekinian, Cirebon Sultana. Kedai milik selebritas Indra Bekti ini sudah eksis di Cirebon sejak Maret 2017. Meski populer karena nama pemiliknya, cita rasa yang ditawarkan kue ini tak boleh dipandang sebelah mata. Mulai dari Sultana Blueberry, Sultana Mangga, hingga Sultana Choco Banana adalah beberapa jenis menu yang bisa dipilih.

4. Kerupuk Melarat

Meskipun namanya melarat, jajanan khas Cirebon satu ini memiliki gurih. Dinamakan demikian karena kerupuk ini tidak digoreng menggunakan minyak goreng, melainkan dengan pasir melalui proses sangrai. Lalu, apakah aman untuk dikonsumsi? Tak perlu khawatir akan kebersihannya karena pasir yang digunakan sudah melalui proses ayak. Selain itu, pasir juga akan dipanaskan lebih dulu untuk menghilangkan segala bakteri.

5. Jambal Roti

Berada di daerah Pantura, oleh-oleh dari perairan laut Cirebon ini juga menjadi buruan para wisatawan. Ya, salah satunya jambal roti alias ikan asin. Makanan hasil olahan laut Cirebon tersebut banyak digemari para pemburu oleh-oleh khas Cirebon. Rasa asinnya yang pas, serta olahan yang tidak basi saat dibawa di mobil membuat para wisatawan tak pernah absen membeli ikan asin.

6. Sirup Tjampolay

Telah ada sejak 1936, Sirup Tjampolay adalah salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang melegenda. Memiliki cita rasa manis yang khas, Sirup Tjampolay memiliki banyak sekali varian rasa dan kerap digunakan untuk melengkapi berbagai sajian minuman mulai di warung-warung makan hingga restoran dan hotel, lho. Dengan harga yang cukup terjangkau, tak heran banyak yang menjadikan Sirup Tjampolay sebagai salah satu oleh-oleh asal Cirebon favorit kala berkunjung ke Cirebon.

7. Terasi Udang Cirebon

Sebagai Kota Udang pastinya Cirebon menghadirkan berbagai produk yang olahan udang, salah satunya terasi udang Cirebon. Bumbu masak satu ini 100 persen terbuat dari udang rebon pilihan yang menghasilkan rasa khas. Nah, oleh-oleh satu ini tentu cocok bagi kerabat atau keluarga yang gemar memasak. Sebab, terasi akan menjadi penyedap rasa yang cukup nikmat.

Itulah deretan oleh-oleh khas Cirebon yang bisa Anda pertimbangkan untuk diberikan kepada keluarga saat mudik. Selamat mencoba!

Topik Menarik