Pulau Cantik Tersembunyi di Raja Ampat Belum Banyak yang tahu, Bisa Berenang dengan Hiu

Pulau Cantik Tersembunyi di Raja Ampat Belum Banyak yang tahu, Bisa Berenang dengan Hiu

Travel | inews | Senin, 18 Maret 2024 - 11:11
share

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam yang ada di Raja Ampat selalu menarik untuk dijelajahi. Berada di sini Anda dapat menikmati pemandangan alam yang masih alami dan menakjubkan.

Kali ini, Anda wajib singgah ke Pulau Kri di Raja Ampat yang belum diketahui banyak orang. Ya, pesona keindahan Raja Ampat yang berada di Papua Barat memang sudah terkenal hingga mancanegara. Panorama alamnya terlihat eksotis dan masih natural.

Tidak hanya memiliki gugusan kepulauan yang menawan, Raja Ampat juga memiliki banyak pantai yang indah. Jika kali ini Anda tertarik memilih liburan ke Raja Ampat, jangan lewatkan untuk mengunjungi pulau yang satu ini.

Tempat tersebut bernama Pulau Kri, tersembunyi rapi di antara banyaknya gugusan pulau di Raja Ampat. Pulau Kri terkenal dengan keunikan beragam jenis biota laut, termasuk terumbu karang yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan.

Menyelam di sini, traveler dapat melihat berbagai jenis ikan berwarna-warni. Ini sebabnya, Pulau Kri menjadi salah satu referensi terbaik untuk melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Air laut yang bersih dan jernih membuat Anda leluasa menyaksikan surga bawah lautnya.

Bahkan, jika ingin menguji nyali, bisa lebih dekat lagi berenang dengan hiu. Berenang dengan hiu menjadi aktivitas menarik di pulau ini, tanpa harus menyelam jauh ke dalam.

"Baik snorkeling maupun diving merupakan aktivitas yang menarik dan umumnya disukai traveler. Masalahnya adalah traveler harus mencari tempat yang bagus untuk melakukan aktivitas seperti itu sebelum masuk ke air. Di Kabupaten Raja Ampat, Pulau Kri menjadi salah satu referensi terbaik untuk aktivitas snorkeling dan diving. Lokasinya berada di Distrik Meos Mansar dan memiliki beragam karang dan banyak ikan yang berwarna-warni, semuanya itu layak untuk ditelusuri. Belum lagi air menawarkan visibilitas top-notch dan gelombang laut moderat. Kri terletak di dekat Pulau Mansuar, sehingga memiliki keindahan dan atraksi yang sama. Pada umumnya, traveler akan mengunjungi kedua pulau selama perjalanan mereka," tulis Instagram @infiatravel.

Pulau Kri terletak di Desa Yenbuba, Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Tidak jauh dari Sorong atau Waisai. Jaraknya sekitar 2 jam dari Sorong menggunakan kapal cepat, atau lebih singkat lagi dari Waisai yang hanya 30 menit.

Pulau ini dijuluki sebagai dive and snorkeling site favorit di Raja Ampat, juga sebagai pusat kerajaan dunia bawah air Raja Ampat. Terdapat sekitar 374 spesies ikan serta karang-karang indah di Pulau Kri. Mulai dari barakuda, berbagai jenis jacks, batfish, fusilier, sweetlips, butterlyfish, angle fish, kakap, kerapu, kura-kura hijau, dan masih banyak lagi.

Ikan tuna juga menjadi pemandangan umum di sini. Hiu karpet atau wobegong yang hanya bisa ditemui di perairan Australia bisa Anda temui di pulau ini. Hiu ini memiliki bentuk yang aneh dan berdiam di dasar laut. Dengan kedalaman 10-40 meter serta jarak pandang 10-30 meter, Pulau Kri menawarkan pemandangan cantik yang tidak akan bisa dilupakan.

Dengan keindahan laut dan biotanya, Pulau Kri dikenal sebagai salah satu pulau yang menawarkan lokasi snorkeling dan menyelam yang memesona. Ombaknya cenderung tenang.

Untuk bisa sampai ke Pulau Kri, Anda harus mengatur budget. Ada tiga rute penerbangan yang bisa diambil sesuai budget. Penerbangan pertama Jakarta-Sorong, atau bisa ambil jalur Jakarta-Makassar-Sorong, boleh juga Jakarta-Ambon-Sorong.

Begitu sampai Sorong, kapal Ferry sudah menunggu untuk menyeberang ke Waisai. Sampai di Waisai, Anda masih perlu naik kapal cepat menuju Pulau Kri. Begitu sampai, jangan lupa membayar kontribusi Pin Raja Ampat. Jika ingin menginap, di sini terdapat 15-20 homestay.

Waktu yang tepat mengunjungi Pulau Kri adalah Oktober-April. Juni-Agustus, ombak laut sedang tinggi-tingginya.

Topik Menarik