Sandiaga Uno Apresiasi Jumlah Pengunjung Masjid Istiqlal Tembus 6.000 Orang di Awal Ramadhan

Sandiaga Uno Apresiasi Jumlah Pengunjung Masjid Istiqlal Tembus 6.000 Orang di Awal Ramadhan

Travel | inews | Sabtu, 16 Maret 2024 - 22:39
share

JAKARTA, iNews.id - Pada 2023 lalu, Indonesia berhasil menduduki peringkat teratas sebagai destinasi ramah muslim di dunia pada peringkat teratas Indeks Perjalanan Muslim Global (Global Muslim Travel Index/GMTI) 2023 yang dikeluarkan oleh Mastercard dan CrescentRating. Prestasi membanggakan ini tidak terlepas dari upaya pemerintah mengembangkan destinasi berbasis halal di dalam negeri.

Berbagai program telah dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif demi menggaungkan nama Indonesia di kancah internasional. Salah satunya memberikan tiga layanan tambahan dasar yakni, Need to have (layanan makanan halal dan fasilitas untuk mendirikan shalat), Good to have (toilet yang ramah muslim dan muslimah), dan Nice to have (fasilitas rekreasi yang ramah keluarga muslim).

Dampak dari program tersebut pun kini mulai dirasakan. Jumlah kunjungan wisatawan yang ingin merasakan sensasi destinasi wisata halal di Indonesia mulai meningkat. Sebut saja Masjid Istiqlal yang mengalami peningkatan cukup signifikan di awal Ramadhan tahun ini.

Saya diberi tahu tahun lalu hanya 3.000 jamaah/kunjungan. Tapi tahun ini jumlahnya lebih dari 6.000 yang hadir di Istiqlal untuk berbuka puasa bersama. Kegiatannya juga paling padat dari segi jumlah penceramah dan kegiatan-kegiatan amaliah lainnya, ujar Menparekraf Sandiaga Uno, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2024).

Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengatakan, di akhir pekan ini, Masjid Istiqlal masih memiliki peluang besar untuk menambah jumlah kunjungan hingga 7.000 atau dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, dia mengundang para donatur maupun perusahaan-perusahaan swasta berkolaborasi meramaikan suasana Ramadhan di Masjid Istiqlal.

Sebab, sepanjang Ramadhan tahun ini pengurus kembali menggelar event bertajuk Istiqlal Ramadhan Fair. Event ini berisikan berbagai aktivitas menarik seperti bazaar, pasar kuliner, dan masih banyak lagi.

Saya juga melihat pariwisata halal dan kreatif ini saling berdampingan di Istiqlal karena kita akan melakukan Istiqlal Ramadhan Fair. Jadi mudah-mudahan THR sudah pada cair, ujar Sandiaga Uno.

Saya juga mengimbau perusahan-perusahaan untuk membayar THR-nya di muka sehingga perekonomian bisa bergerak, bisa lancar dan untuk mudik Lebaran masyarakat bisa berbelanja barang-barang untuk di bawa ke kampung halaman dengan belanja di Istiqlal Ramadhan Fair," tuturnya.

Topik Menarik