Mengintip Pantai Cantik yang Tersembunyi di Yogyakarta, Batu Karangnya Berbentuk Unik

Mengintip Pantai Cantik yang Tersembunyi di Yogyakarta, Batu Karangnya Berbentuk Unik

Travel | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 10:19
share

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam yang ada di Yogyakarta selalu memikat wisatawan untuk berkunjung. Apalagi jika singgah ke kawasan Gunungkidul, di sini terdapat pantai eksotis dengan pemandangan layaknya lukisan.

Bagi traveler penggemar wisata pantai, tentu tidak akan melewatkan kesempatan menelusuri Gunungkidul saat berwisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Ya, di Gunungkidul, terdapat deretan pantai indah dan alam yang eksotis.

Salah satu pantai yang dapat dikunjungi wisatawan adalah Pantai Watu Lumbung di Desa Balong, Kecamatan Girisubo. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Wediombo yang cukup terkenal.

Berbeda dengan yang lain, memiliki pasir putih di bibir pantai. Pantai Watu Lumbung terdiri dari batuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Sesekali ombak akan menerjang batu karang dan kemudian terhempas ke lautan. Bahkan terkadang saat air pasang, beberapa bagian karang akan tenggelam oleh air laut.

"Dinamakan Watu Lumbung karena di pantai ini ada batu karang besar yang cukup tinggi dan bentuknya menyerupai lumbung. Dalam bahasa Jawa, watu berarti batu. Bongkahan karang besar ini pun menjadi salah satu ikon di Pantai Watu Lumbung. Masih banyak lagi karang bertebaran di sekitar pantai dengan bentuknya yang unik-unik. Sebagian membentuk cekungan dan menampung air laut ketika surut. Di sinilah umumnya wisatawan suka bermain air sembari menunggu matahari terbenam. Tertarik mengajak keluarga dan sahabat main ke Pantai Watu Lumbung?," tulis Instagram @pesonaid_travel.

Berada di Pantai Watu Lumbung, Anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa. Anda dapat melihat Gunung Batur, terasering, dan kawasan hijau yang dihuni oleh kera ekor panjang.

Pantai ini memang menarik, sebab memiliki ciri khas dari bebatuannya yang mirip Lumbung. Ada dua batu besar yang terletak di tengah pantai. Pemandangan ini semakin jelas saat disaksikan dari ketinggian sebelum turun menuju pantai. Menurut informasi yang beredar, pantai karang yang menjorok ke tengah lautan ini terbentuk dari letusan gunung api jutaan tahun lalu.

Jika ingin menikmati pantai ini, Anda harus turun ke bawah. Menuruni jalan setapak yang sempit dan licin. Batu karang yang bertebaran di sekitar pantai dan dikelilingi oleh bukit hijau membuat pantai ini terlihat eksotis.

Tebing Watu Lumbung bisa menjadi spot yang sempurna untuk mengambil gambar. Namun, Anda harus tetap waspada untuk tidak mendekati spot yang berbahaya.

Secara geografis Pantai Watu Lumbung terletak di Desa Balong Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya berada di sebelah barat Pantai Wediombo atau sebelah timur Gunung Batur.

Rutenya bisa ditempuh dengan dua jalur. Pertama, dari Yogyakarta menuju Wonosari, Balong sampai di Pantai Watu Lumbung. Rute kedua dari Yogyakarta menuju Wonosari, Semanu sampai bertemu pertigaan pasar Jepitu. Kemudian ambil kanan menuju Pantai Wediombo.

Perjalanan menuju pantai ini memang tidak mudah. Melewati jalan setapak yang berliku. Sebaiknya memang tidak dianjurkan untuk mengunjungi Pantai Watu Lumbung saat musim hujan karena jalanan licin dan membahayakan.

Topik Menarik