Jepang Puncaki Grup E dan Lolos 16 Besar Setelah Tumbangkan Spanyol

Jepang Puncaki Grup E dan Lolos 16 Besar Setelah Tumbangkan Spanyol

Travel | BuddyKu | Jum'at, 2 Desember 2022 - 06:29
share

Kerincitime.co.id, Berita Olah Raga Jepang tumbangkan Spanyol di matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022. Berlaga di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12) dini hari WIB, Samurai Biru menang tipis 2-1.

Gol-gol kemenangan Jepang dilesakkan oleh Ritsu Doan di menit 48 dan Ao Tanaka di menit 51. Sedangkan, Spanyol ciptakan satu gol via Alvaro Morata di menit 11.

Hasil ini membuat Jepang lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup E. Di sisi lain, Spanyol juga temani Jepang karena duduk di posisi runner-up dengan perolehan 4 poin.

Susunan Pemain Jepang vs Spanyol

Jepang: Shuichi Gonda; Shogo Taniguchi, Kou Itakura, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Hidemasa Morita, Junya Ito, Ao Tanaka, Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Daizen Maeda.

Spanyol: Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Pau Torres, Alejandro Balde, Rodri, Sergio Busquets, Gavi, Pedri, Alvaro Morata, Nico Williams, Dani Olmo.

Jalannya Laga Jepang vs Spanyol

Spanyol ambil kendali permainan dari awal laga. Umpan-umpan pendek mereka peragakan. Peluang pun tercipta di menit 7, William masuk dari sisi kanan dan berikan umpan tarik. Dani Olmo menyambut namun tendangannya masih melambung dari sasaran.

Semenit berselang, giliran Jepang yang mengancam. Pergerakan Kubo mampu buat pertahanan La Furia Roja kocar-kacir. Bola di umpan ke Ito, ia hampir catatkan gol, namun tembakannya masih menyamping tipis dari gawang.

Spanyol unggul cepat di menit 11. Adalah Morata yang catatkan namanya di papan skor lewat sundulan usai terima umpan crossing dari Azpilicueta.

Alvaro Morata kembali ciptakan peluang di menit 23. Ia bergerak bebas di garis pertahanan Jepang usai terima umpan terobosan dari Busquets. Morata lalu lakukan tembakan, namun Gonda masih sigap amankan gawang.

Tempo permainan mengendur saat waktu memasuki menit 40. Spanyol kuasai bola namun begitu sulit menembus rapatnya barisan pertahanan Jepang.

Pun demikian, Jepang sesekali menyerang dengan serangan cepat. Akan tetapi, Spanyol selalu bisa mematahkan aliran bola. Tak ada lagi tambahan gol di babak pertama. Skor bertahan 1-0.

Jepang kejutkan Spanyol di menit 49. Blunder Balde di sisi kiri pertahanan Spanyol mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Ritsu Doan. Sepakannya dari luar kotak penalti mampu robek jala Simon.

Jepang berbalik unggul dua menit kemudian. Adalah Tanaka yang sarangkan bola usai terima umpan dari Mitoma.

Wasit sempat mengecek VAR karena bola sekilas terlihat melewati garis lapangan sebelum terjadinya gol. Setelah di cek, bola belum melewati garis luar dan gol bagi Jepang di sah-kan. Skor 2-1.

Spanyol mulai berupaya merespons ketertinggalan. Sejumlah pemain bertipikal menyerang dimasukkan seperti Ansu Fati, Ferran Torres, hingga Marco Asensio. Namun, belum ada peluang yang membahayakan gawang Jepang hingga menit 71.

Menit 80, Spanyol mulai bisa membongkar kembali rapatnya pertahanan Jepang. Umpan satu-dua Ansu Fati dan Asensio mampu buat bek Jepang kelimpungan. Sayangnya, Ansu Fati malah kehilangan bola saat mendekat ke gawang.

Spanyol terus mencoba samakan kedudukan. Menit 90, Dani Olmo sempat kejutkan Gonda. Bola kemudian lepas dari Gonda, beruntung Yoshida mampu sapu bersih bola rebound.

Wasit tiup peluit panjang, Jepang menang dengan skor 2-1. (Irw)

Sumber: Kumparan.com

Topik Menarik