Loading...
Loading…
Dinamika Politik Nasional Makin Hangat KIB Poros Gondangdia Tarik tarikan Gerbong

Dinamika Politik Nasional Makin Hangat KIB Poros Gondangdia Tarik tarikan Gerbong

Powered by BuddyKu
Travel | RM ID | Kamis, 06 Oktober 2022 - 08:01

Dinamika politik nasional semakin hangat pasca pencapresan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem). Sejumlah partai semakin intens berkomunikasi dan tarik menarik gerbong.

Misalnya, ajakan Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani kepada Partai Demokrat bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Menanggapi ajakan dan pernyataan ini, Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengakui, saat ini partainya masih terus menjalin komunikasi dengan seluruh partai di parlemen.

Hanya saja, Demokrat hingga kini komunikasi yang lebih intens dengan PKS dan Partai NasDem, kata Herzaky dalam pesannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Herzaky justru membalas komentar Arsul. Karena kondisi politik semakin dinamis, dia malah membuka peluang PPP yang akan pindah ke Poros Gondangdia.

Apalagi jika nanti PKS dan Demokrat sudah resmi berkoalisi dengan Poros Gondangia dengan capresnya Anies Baswedan.

Temen-temen PPP saat nanti kami, yakni PKS, Demokrat, NasDem berkoalisi, kalau mau bergabung, silakan, ajak Herzaky.

Soal cawapres Anies dalam poros Gondangdia, Herzaky menyebut, semua tergantung keputusan koalisi. Namun, Demokrat tetap yakin, Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sosok yang paling pas di posisi itu.

Sebelumnya, Arsul mengakui telah berkomunikasi dengan Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan soal ajakan gabung KIB.

Menurut Arsul, Hinca menyebut, Demokrat akan mendiskusikan serius ajakan tersebut jika tawarannya menarik.

Arsul menyampaikan, pembicaraan tentang tawaran untuk Demokrat bergabung ke KIB belum sampai membahas soal figur capres dan cawapres.

Dia pun membantah isu PPP akan diajak berkoalisi dengan Poros Gondangdia. Dia menegaskan, KIB saat ini justru semakin solid dan sedang dalam tahap finalisasi.

Nggaklah, sampai sekarang, seperti yang teman-teman tahu KIB sedang memfinalkan platform dan visi misi koalisi. Nanti Oktober atau awal November akan ada pagelaran KIB di Semarang, tegasnya.

Di luar itu, PPP juga bakal memutuskan capres dalam Musyawarah Nasional (Mukernas) pada awal 2023.

Sebelum itu, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) menggelar Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) untuk menampung aspirasi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) seluruh Indonesia terkait kandidat yang akan diusung.

Sementara, walaupun DPP PKS belum memutuskan sosok yang diusung pada Pilpres 2024, pihaknya mengapresiasi langkah NasDem.

Langkah tepat. Kami sudah mencatat rekam jejak Anies yang memiliki kapasitas memimpin bangsa. Tapi kami ada forum tersendiri membahas penetapan capres, yakni musyawarah Majelis Syuro Partai. Sabar saja, kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Original Source

Topik Menarik