Oscar Piastri Membelot, Bos Alpine Tagih Kesetiaan

Oscar Piastri Membelot, Bos Alpine Tagih Kesetiaan

Travel | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 09:33
share

ENSTONE - Prinsipal tim Alpine, Otmar Szafnauer, menagihkesetian Oscar Piastri yang diketahui akan membelot ke tim lain musim depan. Apalagi Piastri diketahui sudah memiliki kontrak hingga 2023 bersama Alpine.

Alpine diketahui akan ditinggalkan salah satu pembalapnya, Fernando Alonso, yang akan bergabung dengan Aston Martin pada tahun depan. Nama Piastri pun menjadi calon terkuat untuk menggantikan posisi driver asal Spanyol tersebut.

Alpine telah mengeluarkan rilis bahwa Piastri akan menjadi pembalapnya pada F1 musim mendatang. Namun pembalap berusia 21 tahun itu menegaskan bahwa dirinya belum menandatangani kontrak dengan Alpine.

Oscar Piastri menolak kontrak dari Alpine F1 Team untuk membalap pada F1 2023 (Foto: Reuters/Nacho Doce)
Oscar Piastri menolak kontrak dari Alpine F1 Team untuk membalap pada F1 2023 (Foto: Reuters/Nacho Doce)

Piastri dikabarkan sudah meneken kesepakatan dengan tim McLaren Racing. Namun, kesepakatan itu dibuat sebelum Alonso memutuskan untuk bergabung dengan Aston Martin.

Tentu kejadian ini membuat banyak pihak kebingungan. Termasuk Alpine yang sudah merekrut Piastri sejak 2020 lalu. Dia lalu balapan di ajang F3 dan F2, dengan dana dari Alpine.

Tidak hanya itu, Alpine juga telah memberikan Piastri beberapa kesempatan untuk menjajal mobil F1. Oleh sebab itu, Szafnauer menagih kesetiaan dari pembalapnya tersebut.

Saya berharap kesetiaan yang lebih besar dari Piastri. Dia seharusnya setia kepada tim yang telah mengasuhnya. Kami sudah membawanya ke kejuaraan dunia tahun lalu serta menaruhnya di mobil F1 dan mempersiapkannya, kata Szafnauer dikutip Motorsport Week, Senin (8/8/2022).

Szafnauer juga menyebut tak pernah melihat sesuatu seperti ini. Dia merasa integritas dibutuhkan, tidak hanya di F1, tetapi juga cabang olahraga lain, seperti sepak bola.

Saya sudah ada di F1 sejak 1989 dan tidak pernah melihat sesuatu seperti ini. Ini bukan perkara F1, tetapi integritas dan menjadi manusia. Hal ini bisa saja terjadi di hoki atau sepak bola. Apapun yang terjadi, dia tidak boleh berbuat seperti itu, ujarnya.

Dia sudah menandatangani sebuah dokumen, lalu berkata akan melakukan sesuatu yang lain. Saat berkembang, saya tidak perlu menandatangani kontrak. Jika ada yang berjanji, saya tidak akan menelan ludah sendiri, tutur Szafnauer.

Topik Menarik