Loading...
Loading…
Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Naik Pesawat

Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Naik Pesawat

Powered by BuddyKu
Travel | Buka Mata News | Senin, 08 Agustus 2022 - 12:43

BUKAMATA - Siapa di antara para pembaca artikel ini yang belum pernah menaiki pesawat terbang? Jika Anda salah satunya, maka Anda datang pada tempat yang tepat. Kemajuan dan perkembangan transportasi menciptakan berbagai akomodasi transportasi yang beragam jenis. Apabila kita dulu menggunakan tenaga dari hewan untuk membawa kita ke tempat yang jauh atau bahkan untuk membawa barang-barang berbobot berat, kini hal itu sudah jarang sekali terjadi.

Salah satu akomodasi transportasi yang banyak sekali penggunanya, yaitu adalah pesawat. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan menggunakan pesawat mereka.. Maskapai penerbangan sendiri merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan jasa penerbangan menggunakan pesawat untuk mempersingkat waktu perjalanan Anda. Susi Air menjadi salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang menawarkan pengalaman terbang yang menyenangkan dan nyaman. Apabila Anda berencana untuk mencoba menggunakan maskapai penerbangan Susi Air, Anda dapat membeli tiket Susi Air melalui Traveloka.

Meskipun statusnya sama sebagai akomodasi transportasi, ternyata ketika hendak menggunakan jasa transportasi menggunakan pesawat terbang, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal ini karena proses untuk bisa masuk ke dalam pesawat terbang akan sedikit lebih rumit dan panjang apabila Anda bandingkan dengan proses masuk ke akomodasi transportasi seperti bus, kereta api, atau kapal.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan dan Anda ketahui sebelum naik pesawat.

1. Bobot Barang untuk Kabin dan Bagasi Pesawat

Hal yang sering terlewat oleh mereka yang baru pertama kali naik pesawat yaitu adanya batasan bobot barang yang bisa Anda bawa ke dalam pesawat. Hal ini berguna agar pesawat tidak mengalami pengangkutan bobot yang menjangkau beban berat yang bisa pesawat terbang tampung.

Tidak seperti penggunaan kereta, bus, dan pesawat terbang yang bisa membawa barang sebanyak apapun yang Anda mau, hal ini tidak berlaku di pesawat terbang. Pesawat terbang juga membagi tempat untuk barang bawaan penumpang menjadi dua bagian, yaitu barang-barang yang kecil dapat Anda taruh pada bagian kabin dan barang lebih besar pada bagian bagasi pesawat.

Barang-barang yang bisa Anda masukkan pada bagian kabin pesawat biasanya berukuran lebih kecil, seperti itu koper kecil, oleh-oleh, tas, dan masih banyak lagi. Bobotnya pun hanya diperboleh 7 kg untuk setiap orang. Apabila lebih dari itu, biasanya Anda akan diminta untuk menaruh barang-barang Anda di bagasi pesawat.

Kemudian, untuk barang-barang yang bisa Anda masukkan pada bagasi pesawat bisa termasuk koper atau barang yang tidak muat ditaruh di bagian kabin. Umumnya, pesawat terbang di Indonesia memperbolehkan setiap penumpang untuk membawa barang yang disimpan di bagasi pesawat dengan bobot hingga 20 kg. Apabila melewati batas peraturan yang ada, Anda biasanya akan diminta membayar untuk kelebihan berat barang yang akan Anda bawa.

2. Melakukan Check-In untuk Mendapatkan Nomor Tempat Duduk

Selanjutnya, hal yang perlu Anda ketahui sebagai penumpang perdana di pesawat terbang adalah proses check-in . Saat ini, terdapat dua metode yang dapat Anda lakukan untuk check-in pesawat, yaitu check-in secara online dan secara manual.

Metode pertama, yaitu secara manual, Anda wajib untuk datang ke bandara paling tidak dua jam sebelum jadwal keberangkatan. Hal ini berguna untuk menghindari panjangnya antrean check-in dan waktu yang berdekatan dengan proses boarding pesawat. Saat proses check-in ini, Anda biasanya juga dapat melakukan request untuk mendapatkan kursi pada bagian depan, tengah, atau bagian belakang pesawat. Tak hanya itu, Anda juga dapat meminta untuk di tempatkan pada kursi dekat jendela atau bagian ujung tempat orang berlalu lalang.

Metode kedua, yaitu check-in secara online . Proses yang satu ini dapat Anda lakukan hampir di semua maskapai penerbangan. Biasanya, layanan check-in secara online ini Anda lakukan dengan mengunduh maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Ketika Anda sudah melakukan check-in online , pada saat tiba di bandara, Anda hanya perlu memperlihatkan proses check-in yang Anda lakukan saat hendak menitipkan barang di bagasi pesawat. Metode check-in online ini untuk informasi lebih lengkapnya dapat Anda cari pada laman resmi maskapai penerbangan pilihan Anda.

3. Melihat Aturan Tentang Barang-Barang yang Tidak Boleh Ada Dalam Pesawat

Hal terakhir yang wajib Anda ketahui sebelum naik pesawat terbang yaitu dengan mengetahui list barang yang tidak boleh ada di dalam pesawat terbang. Beberapa contoh barang yang dilarang seperti narkoba, senjata tajam, powerbank , korek api elektrik, dan masih banyak lagi.

Barang-barang sensitif ini tidak diperkenankan masuk ke dalam pesawat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila Anda mengetahui ada penumpang lainnya yang membawa barang-barang terlarang tersebut, sebaiknya Anda segera memberitahu kru pesawat agar barang tersebut dapat diamankan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu hal-hal yang wajib Anda ketahui sebelum naik pesawat terbang. Apabila Anda berencana untuk membeli tiket pesawat terbang, jangan lupa gunakan Traveloka sebagai platform beli tiket pesawat terbang terpercaya di Indonesia!

Original Source

Topik Menarik