Kampung Unik di Kalimantan Selatan Punya Pemandangan Alam Mirip Raja Ampat 

Kampung Unik di Kalimantan Selatan Punya Pemandangan Alam Mirip Raja Ampat 

Travel | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 12:05
share

JAKARTA, iNews.id - Kampung unik di Kalimantan Selatan harus dikunjungi sekali dalam seumur hidup. Terutama jika singgah ke Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, di sini terdapat pemandangan cantik mirip Raja Ampat.

Kalimantan Selatan tidak hanya memiliki pantai dan pegunungan yang indah, tapi juga terdapat gugusan karang eksotis yang mirip Raja Ampat. Dikenal dengan sebutan Bukit Matang Kaladan, objek wisata ini berada di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Bukit ini juga memiliki bendungan Riam yang membendung delapan sungai dari pegunungan Meratus. Bendungan ini sangat vital karena menjadi sumber energi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air di wilayah Banjarmasin.

"Di Kalimantan juga ada nih spot foto di atas bukit dengan pemandangan yang keren! Salah satunya Bukit Matang Kaladan, yang terletak di Ds. Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan. #ayodolan ke sini," tulis Instagram @ayodolan.

Berada di tengah-tengah bukit barisan dan sekilas menyerupai gugusan di Raja Ampat. Mencapai puncak Bukit Matang Kaladan memang tidak mudah. Butuh sedikit perjuangan.

Anda harus menyiapkan fisik dan peralatan tertentu demi mendaki bukit yang kemiringannya mencapai 60 derajat ini. Tidak hanya medannya saja yang terjal, embusan angin darat akan mengganggu pendakian.

Namun, pihak pengelola sudah menyediakan tali bagi setiap pengunjung yang ingin mendaki. Di puncak bukit, terdapat beberapa titik yang cocok untuk berburu foto.

Tersedia pula hammock yang disiapkan warga guna menunjang kenyamanan selama berada di puncak. Sesekali, siulan burung menyatu serasi dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang bikin Anda betah berlama-lama.

Mencapai puncak Bukit Matang Kaladan perlu sedikit perjuangan. Butuh waktu sekitar 30 menit mendaki untuk sampai ke sana. Tapi, sekalinya mencapai puncak, rasa lelah langsung terbayarkan.

Bukit Matang Kaladan berada di sekitar Dermaga Bendungan Riam Kanan. Sekitar 25 km dari pusat Kota Banjarbaru. Biaya retribusi ke destinasi wisata alam ini Rp3.000 untuk sekali masuk.

Topik Menarik