Inilah Deretan Tempat Wisata Angker di Banyuwangi, Pengunjung Wajib Tahu!

Inilah Deretan Tempat Wisata Angker di Banyuwangi, Pengunjung Wajib Tahu!

Travel | BuddyKu | Selasa, 24 Mei 2022 - 09:39
share

BANYUWANGI, celebrities.id Tempat wisata angker di Banyuwangi yang dikenal banyak orang adalah Pulau Merah dan Keraton Macan Putih. Padahal, masih banyak yang belum diketahui masyarakat.

Tempat wisata adalah suatu tempat yang menjadi kunjungan pengunjung karena mempunyai keunikan tersendir seperti keindahan alam, bangunan kuno bersejarah, monumen-monumen, kebudayaan khas atau legenda angker yang memiliki kesan tersendiri.

Penasaran tempat wisata angker di Banyuwangi? Simak rekomendasinya dibawah ini dilansir dari beragam sumber, Selasa (24/5/2022):

1. Pulau Merah

Pulau Merah merupakan tempat wisata angker di Banyuwangi. Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri dimana dikisahkan misteri bergesernya Pulau Merah ini. Para warga mempercayai bahwa tempat wisata horor Banyuwangi ini bisa bergeser.

Kejadian ini berlangsung pada saat tsunami yang terjadi di kabupaten ini pada 1994. Karena itu hingga saat ini pantai dari pulau ini sering digunakan untuk sesaji laut.

2. Goa Istana

Tempat wisata angker di Banyuwangi yang kedua ada Goa Istana. Goa ini dipercaya sebagai pusat dari Alas Purwo. Jadi Goa Istana ini dianggap sebagai keraton dari sebuah kerajaan Alas Purwo.

Banyak yang percaya tempat ini dijaga oleh makhluk dari bangsa jin. Ada pula yang memercayai bahwa Bung Karno pernah bersemedi untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul di tempat ini.

3. Keraton Macan Putih

Tempat wisata angker di Banyuwangi selanjutnya Keraton Macan Putih. Keraton ini didirikan oleh Prabu Tawan Alun dan disakralkan oleh warga sekitar. Para warga percaya bahwa Keraton Macan Putih merupakan tempat di mana Prabu Tawang Alun menghilang jasadnya dan kembali ke Tuhan atau biasa juga disebut dengan muksa.

Beredar kabar tempat ini diyakini memiliki penjaga makhluk astral berupa macan putih yang berasal dari hutan Gunung Raung dan bertugas sebagai pengawal gaib Raja Tawang Alun.

4. Rumah Sakit Inggris Banyuwangi

Tempat wisata angker di Banyuwangi berikutnya Rumah Sakit Inggris. Rumah Sakit Inggris Banyuwangi ini menjadi saksi bisu di mana Belanda melakukan pembantaian saat itu.

Warga sekitar pun menganggap tempat ini angker mereka sering mendengar suara jeritan minta tolong dan melihat penampakan noni Belanda di tempat tersebut.

5. Alas Gumitir

Tempat wisata angker di Banyuwangi lainnya Alas Gumitir. Ada patung penari Gandrung yang ada di pelataran taman. Kejadian mistis seringkali terjadi pada patung tersebut yang bergerak sendiri.

Warga sekitar percaya bahwa tangan kiri dari patung penari Gandrung tersebut bisa bergerak sendiri, ada juga yang percaya bahwa patung ini dijaga oleh makhluk halus.

6. Rowo Bayu

Tempat wisata angker di Banyuwangi selanjutnya Rowo Bayu. Tempat ini memiliki lokasi yang hening dan penuh misteri. Tepat disinilah awal mula kabupaten Banyuwangi lahir, pada 18 Desember 1771.

Di tempat inilah terjadi pertempuran antara kerajaan Blambangan dengan Belanda. Dengan kesaktian para pati-pati raja dan tekad rakyat Blambangan, perang ini dimenangkan oleh kerajaan Blambangan.

Banyaknya korban membuat tempat ini menjadi hunian makhluk halus. Pimpinan mahluk astral itu dinamakan Nyai Resek, sosok yang bijaksana dan mempunyai wajah yang cantik dan dijaga oleh prajurit-prajurit.

7. Pantai Boom

Tempat wisata angker di Banyuwangi berikutnya Pantai Boom. Dahulu pantai ini dijadikan sebagai pelabuhan utama kota Banyuwangi dan pernah terjadi tragedi yang mengerikan yang dikenal sebagai tragedi INKAI.

Banyaknya korban disebabkan oleh air laut yang tiba-tiba memunculkan gelombang besar sehingga menyeret 26 karateka ke laut. Menurut supranatural tempat ini adalah dapur dari kerajaan besar bangsa jin dan pusat dari kerajaan tersebut berada di Alas Purwo.

8. Pantai Watu Dodol

Tempat wisata angker di Banyuwangi lainnya pantai Watu Dodol. Tempat ini kental akan dunia lain. Pernah terjadi peristiwa seorang dukun yang digantung hiduphidup disini. Patung Gandrung yang menjadi ikon dari kabupaten Banyuwangi ini jika malam akan terlihat bergerak sendiri dan menarinari. Para warga setempat mempercayai Pantai Watu Dodol sebagai tempat wisata mistis di Banyuwangi.

9. Alas Purwo

Alas Purwo juga merupakan tempat wisata angker di Banyuwangi. Tempat ini dikenal dengan hutan terangker dan menjadi misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini. Namun, sesepuh warga setempat percaya bahwa Alas Purwo adalah tempat berkumpulnya jin seantero nusantara.

10. Pabrik Saranite

Tempat wisata angker di Banyuwangi yang terakhir Pabrik Saranite. Pabrik ini sudah tidak beroperasi lagi karena sering terjadi hal-hal aneh. Ada sebuah kejadian kapal baru yang tiba-tiba berada di dermaga, padahal tidak ada yang memindahkan. Kapal tersebut pindah sendiri karena belum di SELAMETI alias belum diadakan acara syukuran. Di pabrik ini juga terdapat sebuah cerobong asap yang katanya menjadi sangkarnya seekor naga besar.

Topik Menarik