Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Malam Takbiran dan Salat Id di Bandung

Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Malam Takbiran dan Salat Id di Bandung

Terkini | bandungraya.inews.id | Selasa, 9 April 2024 - 20:00
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Polrestabes Bandung, TNI serta Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengerahkan ribuan personel gabungan untuk mengamankan malam takbiran dan salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Kota Bandung. Ribuan personel melaksanakan patroli di seluruh penjuru Kota Bandung guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kesiapan pengamanan malam takbiran dan Idul Fitri 1445 Hijriah yang termasuk dalam rangkaian Operasi Ketupat Lodaya 2024 itu ditandai dengan apel gelar pasukan di Mapolrestabes Bandung, Selasa (9/4/2024).

Apel dipimpin oleh Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono. Hadir dalam apel, Dandim 0618 Kota Bandung Kolonel Inf M Iswan Nusi.

Diketahui, dalam Operasi Ketupat Lodaya 2024 dari 4 sampai 16 April 2024, Polrestabes Bandung mengerahkan pasukan kurang lebih 1.218 personel, dengan rincian dari jajaran Polrestabes Bandung 826, Polda Jabar 110, BKO dari TNI 180, dan instansi lain102 personel.

Seusai apel digelar seluruh personel langsung ditempatkan di masing-masing pos pengamanan yang telah didirikan di Kota Bandung.

"Malam ini, bersama TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Diskar PB Kota Bandung, kami menggelar apel gabungan pengamanan malam takbiran di Kota Bandung. Setelah buka puasa, mereka menempati pos masing-masing," kata Kapolrestabes Bandung.

Kombes Pol Budi Sartono menyatakan, pengamanan akan difokuskan di perbatasan Kota-Kabupaten Bandung yang kerap terjadi kepadatan baik oleh kendaraan para pemudik lokal maupun wisatawan.

"Fokus pengamanan di Kota Bandung dan perbatasan. Kami akan melakukan penyekatan di perbatasan Kota Bandung melaksanakan takbir diharapkan benar-benar di kota bandung kalau di wilayah, kita kembalikan ke wilayah masing masing supaya tidak membuat macet dan mengganggu ketertiban di Kota Bandung," ujar Kombes Pol Budi Sartono.

Kapolrestabes menuturkan, sasaran atau target yang perlu diantisipasi saat malam takbiran adalah geng motor dan warga yang menyalakan petasan di tempat umum. "Yang diantisipasi, geng motor, konvoi bermotor, menyalakan petasan dan flare. Pelakunya pasti ditangkap," tutur Kapolrestabes Bandung.

Terkait persiapan pengamanan salat Idul Fitri, Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, Polrestabes Bandung dan Kodim 0618 Kota Bandung telah menyiapkan skema pengamanan.

"TNI Polri telah mendata beberapa titik yang melaksanakan salat Idul Fitri, khususnya di lapangan besar, akan diberikan pengamanan," ucap Kombes Pol Budi Sartono.

Topik Menarik