Fakultas Teknik QUT dan TIN IPB Siap Kembangkan Program Master Bersama

Fakultas Teknik QUT dan TIN IPB Siap Kembangkan Program Master Bersama

Terkini | okezone | Sabtu, 6 April 2024 - 13:55
share

JAKARTA - Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penjajakan kerjasama dalam pengembangan program magister bersama (joint degree dan double degree) dengan Fakultas Teknik Queensland University of Technology (FT-QUT). Dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra,

TIN-IPB yang diwakili oleh Professor Farah Fahma berdiskusi intensif dengan Dekan FT QUT, Professor Ana Deletic dan tim di kampus QUT.

Menurut Atdikbud KBRI Canberra, Mukhamad Najib, kedua institusi mendiskusikan peluang-peluang dalam peningkatan kerjasama bidang pendidikan dan penelitian antara TIN IPB dan FT QUT. Kedua institusi tersebut memiliki banyak irisan yang dapat dikerjasamakan, seperti bioprocess engineering, manajemen teknologi, dan lain-lain. Najib berpendapat peluang kerjasama antara TIN IPB dan FT QUT terbuka lebar, sehingga kantor Atdikbud berusaha mendukung dan memfasilitasi agar kerjasama tersebut dapat terealisasi.

Menurut Atdikbud Najib, QUT memiliki reputasi global yang baik dalam bidang teknik, sementara IPB memiliki reputasi global yang baik dalam bidang pertanian, sehingga jika keduanya bermitra akan memperkuat pengembangan program Teknik Industri Pertanian.

“Kemitraan antara TIN IPB dan FT QUT dapat memberi dampak positif bagi keilmuan teknik industri pertanian kedua negara. Kedua kampus memiliki reputasi global dalam bidang masing-masing, sehingga keduanya bisa saling melengkapi”, jelas Najib, Sabtu (6/4/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Dekan FT QUT, professor Ana Deletic mengatakan jika QUT sangat tertarik untuk bekerja sama dengan TIN IPB. Dirinya mengaku pernah berkunjung ke IPB untuk kegiatan penelitian bersama di bidang water management sekira 10 tahun lalu dan meyakini bahwa IPB dapat menjadi mitra strategis yang kompeten bagi QUT. Ana juga menjelaskan jika saat ini FT QUT selain memiliki program master, juga memiliki program fastrack dimana program sarjana lanjut master dapat diselesaikan dalam 5 tahun.

Topik Menarik