Heru Budi, Ridwan Kamil hingga Kaesang Maju Pilgub DKI, Jokowi Disebut Akan Ikut Campur 

Heru Budi, Ridwan Kamil hingga Kaesang Maju Pilgub DKI, Jokowi Disebut Akan Ikut Campur 

Terkini | inews | Senin, 1 April 2024 - 12:16
share

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah nama tokoh cocok maju Pilgub DKI Jakarta 2024. Ada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarap hingga eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pengamat Politik Herry Mendrofa menilai Heru Budi dan Kaesang membuka peluang agar partai politik besar dapat berkonsolidasi.

"Jadi warna baru, Heru dan Kaesang menciptakan peluang konsolidasi parpol besar yang tertarik ke sana misalnya PDIP, PSI, Perindo, dan PPP," kata Herry kepada wartawan, Senin (1/4/2024).

Namun Herry meragukan pencalonan Kaesang karena terbentur syarat batas usia pencalonan pada Pilkada DKI Jakarta.

"UU Nomor 10 tahun 2016 akan menghambat Kaesang maju jadi kandidat di Pilkada DKI Jakarta 2024. Artinya aturan ini harus direvisi secepatnya," katanya.

Herry juga memprediksi beberapa figur lain yang berpotensi bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Ridwan Kamil bisa dengan Ariza, Lalu ada Anies dengan Sahroni, Ida Fauziyah bahkan Sandi Uno. Hal ini kan poros pilpres yang lalu yang saya rasa rasionalitasnya diuji ulang di Pilkada DKI Jakarta 2024," ucapnya.

Di sisi lain, Herry menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap ikut berkontribusi dalam Pilkada 2024. Jokowi mempunyai kepentingan untuk transisi Ibu Kota Jakarta ke Nusantara (IKN).

"Jokowi punya kepentingan. Transisi ibu kota ini cenderung rentan dari segala aspek. Maka perlu orang yang sefrekuensi, seirama dan sevisi dengannya agar proses ke depannya dalam istilah lainnya soft landing," katanya.

Topik Menarik