SAR Hentikan Pencarian Korban Longsor di Bandung Barat, 7 Orang Ditemukan Tewas

SAR Hentikan Pencarian Korban Longsor di Bandung Barat, 7 Orang Ditemukan Tewas

Terkini | inews | Senin, 1 April 2024 - 08:40
share

BANDUNG BARAT, iNews.id - Tim SAR gabungan menghentikan operasi pencarian korban longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Minggu (31/3/2024). Tujuh orang dari total 10 korban hilang sudah ditemukan dalam kondisi meninggal.

"Hari ini operasi SAR kami hentikan dan dilanjutkan dengan pemantauan," ujar Kepala Kantor SAR Bandung Hery Marantika di lokasi, Minggu (31/3/2024).

Hery menjelaskan, ada beberapa pertimbangan pihaknya menghentikan proses pencarian meski masih ada korban belum ditemukan. Pertama, proses sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) operasi pencarian dilakukan maksimal 7 hari.

Kemudian pertimbangan lainnya, tim SAR tidak menemukan adanya korban meski area pencarian di lokasi longsor sudah diperluas. Bahkan, tim sudah menyisir kawasan sungai namun hasilnya masih nihil.

"Belum adanya tanda-tanda korban kami temukan selama 7 hari. Area pencarian sudah kami perluas, sektor sudah kami tambah bahkan sampai dengan ada dua tim lagi yang menyisir ke sungai namun belum ada tanda-tanda korban, itu yang pertama," katanya.

Meski pencarian dihentikan, tim SAR gabungan akan tetap melakukan pemantauan. Pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB.

"Terus berkoordinasi dengan BPBD selanjutnya akan proses rekonstruksi dari temen-temen BPBD," ucapnya.

Sebelumnya, tim SAR gabungan menerima laporan adanya 10 orang hilang dalam peristiwa longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, KBB pada Minggu (24/3/2024) malam. Kemudian tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, BPBD, PMI, relawan dan berbagai unsur lainnya mulai melakukan pencarian.

Selama pencarian ditemukan tujuh korban yang sudah teridentifikasi dari 10 orang yang dilaporkan hilang. Sementara satu orang belum teridentifikasi. Artinya, dua korban lagi dinyatakan masih hilang dengan asumsi satu korban yang sebelumnya ditemukan di aliran Sungai Citarum belum teridentifikasi itu bagian dari korban longsor.

"Berbagai upaya telah kita laksanakan, indikasi korban 10 orang, alhamdulilah 7 korban sudah ditemukan dan seorang ini masih dalam proses identifikasi. Harapan kami satu orang yang masih proses identifikasi ini juga bagian yang kita cari," katanya.

Topik Menarik