Peternak Domba di Tasikmalaya Mulai Banjir Pesanan untuk Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha 1445 H

Peternak Domba di Tasikmalaya Mulai Banjir Pesanan untuk Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha 1445 H

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Selasa, 7 Mei 2024 - 08:01
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Meski Hari Raya Idul Adha 1445 H masih lama, namun permintaan akan hewan kurban domba mulai meningkat.

Bahkan sejumlah peternak domba di pelosok daerah, seperti di Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, mengaku ternaknya sudah ada yang pesan dari bandar atau pengepul. 

Hal itu diungkapkan Yadi (43), peternak domba di Kampung Ciroyom, Desa Ciroyom, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Para bandar hewan qurban sengaja datang lebih awal memesan domba untuk dijual kembali saat mendekati Hari Raya Idul Adha," kata Yadi, Senin (6/5/2024).

Untuk harga jual domba di tingkat peternak saat ini masih stabil, biasanya mengalami kenaikan saat mendekati Idul Adha. 

"Iya satu domba dari peternak untuk usia 1 tahun Rp2,5 juta samapai Rp2,7 juta, itu pun tergantung ijiran (taksiran) bandar," jelasnya.

 

Menurut Yadi, beberapa minggu jelang Idul Adha harga domba dari peternak juga mengalami kenaikan. Penyebabnya karena banyaknya permintaan dan stok terbatas.

"Kriteria domba yang dicari para bandar untuk dijadikan hewan qurban rata-rata berumur 1 tahun. Beberapa minggu jelang Idul Adha, harga pun akan naik sekitar 30 persen," pungkasnya.

 

Topik Menarik