Bebek Songkem Sampang Jadi Incaran Pecinta Kuliner di Surabaya, Ini Tempat yang Bisa Jadi Rekomendas

Bebek Songkem Sampang Jadi Incaran Pecinta Kuliner di Surabaya, Ini Tempat yang Bisa Jadi Rekomendas

Gaya Hidup | surabaya.inews.id | Kamis, 18 April 2024 - 06:40
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kota Surabaya menjadi surga wisata kuliner yang tiada duanya. Salah satu kuliner andalannya yakni olahan bebek yang dikenal nikmat dibandingkan daerah-daerah lainnya.

Bebek yang memiliki khas dalam proses pengolahannya adalah Bebek Songkem. Bebek ini sebenarnya makanan khas Sampang, Madura. Namun masakan ini berkembang di Surabaya dan dicari para penikmat kuliner tanah air. 

"Bebek Songkem Haji Ahmad cukup enak. Hanya saja perlu ditambah rempahnya biar rasanya semakin cetar," kata Ayu Bassetyo, Selebtok Surabaya. 

Ayu mengaku dirinya telah merasakan beberapa lokasi Bebek Songkem, mulai Bebek Songkem di Sampang, Pamekasan, Sumenep, dan Bangkalan. Menurutnya, Bebek Songkem ini memiliki cita rasa yang berbeda dibanding Bebek lainnya. 

Proses pembuatan Bebek Songkem juga unik. Kalau di Sampang Madura, proses pembuatannya njelimet butuh di kukus dengan pelepah pisang. Hal ini dilakukan supaya rasa dan rempah masuk ke daging Bebek yang dikukus. 

"Ini ada di Surabaya, jadi saya tidak perlu jauh-jauh kalau pengen Bebek Songkem," ucapnya. 

 

Sementara itu, Imam Hambali Pengelola Bebek Songkem Haji Ahmad di Merr Surabaya mengatakan, Bebek songkem ini berbeda dengan Bebek pada umumnya, didalamnya berisi daging bebek dikukus dengan bumbu rempah asli Madura. 

"Kita menyediakan Bebek Songkem khas Sampang. Alhamdulillah peminatnya banyak, kita juga lagi cari tempat lagi untuk mengembangkan usaha ini," katanya. 


Bebek Songkem Haji Ahmad menjadi favorit pecinta kuliner di Surabaya. Foto iNewsSurabaya/arif

Sesuai rencana, ungkap Imam, Bebek Songkem Haji Ahmad ini akan dikembangkan di wilayah barat. "Wilayah barat potensinya bagus, penduduknya juga padat. Kami ingin mengembangkan usaha ke sana," ujar dia. 

Untuk Rumah makan Haji Ahmad ini, selain Bebek Songkem juga tersedia ayam songkem, bebek ranjau, bebek kremes, dan rawon merah.

 


 

Topik Menarik