Dewas BPJAMSOSTEK Turun ke Daerah, Temui Wakil Bupati Kediri

Dewas BPJAMSOSTEK Turun ke Daerah, Temui Wakil Bupati Kediri

Terkini | surabaya.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 14:00
share

KEDIRI, iNews.id - Ketua Dewan Pengawas (Dewas) BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Muhammad Zuhri Bahri kembali melakukan roadshow dan turun beberapa kota dan daerah di Indonesia. Di Jawa Timur, Zuhri melakukan audiensi pemerintah kabupaten Kediri. Ia bertemu dengan Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa, S.T. pada Kamis (21/3/2024).

Sebagai informasi, kunjungan tersebut merupakan bagian dari pengawasan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 02 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu tugas Dewas BPJAMSOSTEK dalam mengawasi kebijakan dan pengelolaan BPJAMSOSTEK di masing-masing daerah.

Dalam Inpres tersebut ditugaskan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, Gubernur, Bupati, Walikota untuk mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, jelas Zuhri

Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa, S.T., mengapresiasi kehadiran Dewan Pengawas BPJS ke Kabupaten Kediri. Dalam menyikapi Inpres No. 2 tahun 2021 tersebut, ia menyampaikan Pemerintah Kabupaten Kediri telah bersinergi dan bekerja keras dalam memberikan akses kepada para pekerja dari berbagai sektor.

Pemerintah Kabupaten Kediri bersama BJPS Ketenagarakerjaan selama ini telah bersinergi memberikan fasilitas jaminan sosial ketenagakerjaan kepada masyarakat, ujar Dewi

Ke depan, Dewi mengatakan Pemerintah Kabupaten Kediri terus berupaya dalam meningkatkan jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk itu, lanjutnya, perlu diambil langkah-langkah tertentu dalam menggalakan sosialisasi dan edukasi tentang program tersebut.

Kita akan terus dorong optimalisasi ini tentu dengan kapasitas fiskal yang kita miliki. Untuk dapat memaksimalkan kepesertaan para pekerja dalam program jaminan sosial, kita perlu menyusun formula dan mengambil langkah. Kita ingin seluruh pekerja dapat terlindungi, ujar Dewi

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur, Hadi Purnomo dalam keterangannya menyampaikan bahwa kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah daerah setempat sangatlah penting.

"Agar masyarakat pada daerah tersebut dapat terlindungi jaminan sosial, sehingga harapannya masyarakat dapat sejahtera dan aman dalam beraktivitas sesuai dengan pekerjaan masing-masing," tandasnya.

Topik Menarik