Begini Cara Menghubungi Dosen via Pesan Singkat WA, Mahasiswa Wajib Tahu

Begini Cara Menghubungi Dosen via Pesan Singkat WA, Mahasiswa Wajib Tahu

Terkini | sindonews | Senin, 6 Mei 2024 - 14:04
share

Cara menghubungi dosen via pesan singkat yang ada di aplikasi WhatsApp (WA) akan diulas di artikel ini. Mahasiswa wajib tahu dan bisa mempraktikannya.

Berkomunikasi dengan mahasiswa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, tak jarang mahasiswa menghubungi dosen melalui pesan singkat WA saat akan berkonsultasi tentang tugas kuliah atau menyusun skripsi, tesis, maupun disertasi.

Cara menghubungi dosen via WA agar cepat direspons

1. Perhatikan waktu

Waktu menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat memghubungi dosen via chat WA. Sebaiknya, menghubungi dosen saat hari dan jam kerja alias jangan pada saat hari libur. Selain itu, jangan mengirim pesan pada waktu beribadah.

2. Salam pembuka

Kata pertama yang harus kamu tuliskan saat menghubungi dosen adalah salam pembuka. Salam yang bisa digunakan adalah "Assalamualaikum" atau bisa ditulis panjang "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh".

Kamu juga bisa menggunakan kata "Selamat pagi, Bapak/Ibu" atau "Selamat siang, Bapak/Ibu". Sebisa mungkin jangan menyingkat salam tersebut, ya.

Baca Juga: Ini 5 Etika Mengirim Email ke Dosen yang Wajib Diketahui Mahasiswa

3. Minta maaf

Setelah salam, alangkah baiknya kamu meminta maaf sebagai bentuk penghormatan kepada dosen yang telah meluangkan waktu membaca chat kamu di tengah kesibukannya.

4. Perkenalkan diri

Memperkenalkan diri dengan menulis nama lengkap, Nomor Induk Mahasiswa, Program Studi, dan Angkatan menjadi penting kamu lakukan. Jangan sampai kamu lupa memperkenalkan diri dan identitas kemahasiswaan kamu, ya.

Baca Juga: Dosen Komunikasi UMM: Ini Langkah Jadi Content Creator Sukses

5. Gunakan bahasa yang baik, jangan disingkat

Saat menyampaikan maksud kamu menghubungi dosen, sebaiknya gunakan bahasa yang baik dan jangan disingkat-singkat ya. Jangan sampai kamu hanya menulis 'sy' sebagai pengganti kata 'saya' atau 'krn' sebagai pengganti kata 'karena'. Gunakan juga kalimat yang efektif tentang maksud kamu menghubungi dosen. Jangan sampai pula menulis kalimat yang seakan kamu mendesak dosen.

6. Tuliskan terima kasih dan salam penutup

Di akhir chat, kamu juga wajib menuliskan ucapan terima kasih kepada dosen yang telah meluangkan waktunya membaca chat kamu. Jangan lupa juga tuliskan salam penutup, ya.

Topik Menarik