BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Periode Peralihan Musim

BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Periode Peralihan Musim

Nasional | sindonews | Sabtu, 27 April 2024 - 11:46
share

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau.

BMKG memonitor, masih terjadinya hujan intensitas sangat lebat hingga ekstrem sejak tanggal 22 April 2024 di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain di Luwu Utara (Sulawesi Selatan), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Kapuas Hulu (Kalimantan Barat), dan Tanjung Perak Surabaya (Jawa Timur).

"Kondisi tersebut turut memicu terjadinya bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan resminya, Sabtu (27/4/2024).

Baca juga: Peralihan Musim, Kasus DBD Meningkat hingga 87.501

Berdasarkan informasi perkembangan musim BMKG, diketahui sekitar 63 persen wilayah Zona Musim diprediksi mengalami Awal Musim Kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024, dan untuk saat ini di periode pertengahan April beberapa wilayah masih cukup basah dan terjadi hujan.

Guswanto mengungkapkan, dalam sepekan ke depan, BMKG mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan secara signifikan, yakni di sebagian besar Sumatra, Jawa bagian barat dan tengah, sebagian Kalimantan dan Sulawesi, Maluku, dan sebagian besar Papua.

"Potensi hujan signifikan terjadi karena kontribusi dari aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial, serta kondisi suhu muka laut yang hangat pada perairan wilayah sekitar Indonesia. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah di Indonesia," pungkasnya.

Topik Menarik