Dikalahkan Timnas Indonesia U-23, Pertama Kalinya Korea Selatan Gagal Lolos Olimpiade

Dikalahkan Timnas Indonesia U-23, Pertama Kalinya Korea Selatan Gagal Lolos Olimpiade

Olahraga | sindonews | Jum'at, 26 April 2024 - 08:04
share

Korea Selatan, yang selama ini dikenal sebagai salah satu kekuatan sepak bola putra yang dominan di Asia, gagal meraih tiket langsung ke Olimpiade dalam cabang sepak bola putra. Kegagalan ini terjadi setelah mereka dikalahkan oleh Timnas Indonesia U-23 dalam pertandingan menegangkan di babak perempat final Piala Asia U-23.

Pertandingan yang berlangsung penuh tensi di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) melahirkan hasil mengejutkan ketika Timnas Indonesia U-23 mampu mengatasi perlawanan sengit dari Korea Selatan. Gol-gol dari para pemain Indonesia membawa mereka bermain imbang 2-2 sebelum akhirnya Garuda Muda menang lewat adu penalti 11-10, menjadikan Korea Selatan harus menerima kenyataan pahit bahwa mereka tidak akan berkompetisi di Olimpiade Paris 2024.

Reaksi dari para pemain dan staf pelatih Korea Selatan terlihat terpukul dan kecewa setelah pertandingan berakhir. Pelatih utama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjadi sosok yang memulangkan negaranya sendiri sekaligus membuat .

Baca Juga: Bikin Baper! Pratama Arhan Langsung Peluk Istri usai Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal

Kegagalan ini menjadi sorotan di media Korea Selatan, dengan banyak yang mengkritik kinerja tim dan menyebut ini sebagai kejutan yang tak terduga. Namun, banyak pula yang mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia U-23 dan mengakui bahwa mereka pantas meraih kemenangan.

"Untuk pertama kali sejak tahun 1984, Korea Selatan tidak akan berpartisipasi dalam cabang sepakbola Olimpiade." tulis akun @FaktaSepakbola di X.

Sebelumnya, timnas sepakbola Korea Selatan tidak pernah absen dalam sembilan Olimpiade secara beruntun pada periode 1988-2020. Rentetan tersebut jadi rekor untuk tim Asia sebagai tim paling sering mentas di Olimpiade.

Topik Menarik