Deretan Selebgram yang Tersangkut Kasus Narkoba, Ada yang Ketangkap 2 Kali

Deretan Selebgram yang Tersangkut Kasus Narkoba, Ada yang Ketangkap 2 Kali

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 25 April 2024 - 16:34
share

Selebgram tersangkut kasus narkoba kerap membuat kaget para pengikut mereka di media sosial. Seperti yang terjadi belum lama ini, di mana selebgram muda Chandrika Chika ditangkap saat sedang mengonsumsi narkoba bersama lima temannya di sebuah hotel.

Jauh sebelum Chandrika Chika, sederet selebritas di dunia maya juga pernah tersangkut kasus narkoba. Mereka ada yang menjadi pengguna, namun ada pula yang terseret karena dekat dengan tersangka kasus narkoba. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya, yang dirangkum pada Kamis (25/4/2024).

Baca Juga: Alasan Chandrika Chika Pakai Narkoba, Sudah Setahun Konsumsi Ganja

Deretan Selebgram yang Tersangkut Kasus Narkoba

1. Chandrika Chika

Yang masih hangat tentu saja Chandrika Chika. Chika merupakan selebgram dengan 2,2 juta pengikut. Gadis 20 tahun ini juga dikenal sebagai selebtok dengan jumlah pengikut yang lebih besar yaitu 8,3 juta.

Chandrika Chika sendiri dikenal pertama kali berkat unggahan videonya di TikTok. Kala itu sekitar tahun 2020, mantan kekasih Thariq Halilintar ini viral usai melakukan joget Papi Culo.

Chika ditangkap polisi pada Senin (22/4/2024) malam lalu di sebuah hotel di Jakarta Selatan bersama lima rekannya. Dari hasil tes urine terhadap keenam orang tersebut, diketahui kalau dua orang positif mengonsumsi metamfetamin, dan dua lainnya positif ganja, termasuk Chandrika Chika.

2. Adelia Putri Salma

Adelia Putri Salma merupakan selebgram asal Palembang, Sumatera Selatan. Dia dan sang suami, Khadafi alias David, diduga terlibat dalam sindikat narkoba Fredy Pratama. Adelia tersandung kasus ini sejak tahun lalu.

David sendiri telah lebih dulu masuk penjara dan mengendalikan jaringan narkoba dari Lapas Narkotika Banyuasin, Sumatera Selatan. Adelia diduga ikut menikmati hasil kejahatan sang suami dan bahkan terlibat dalam bisnis haram tersebut yang diketahui berafiliasi dengan bandar narkoba terbesar di Indonesia, yaitu Fredy Pratama.

Adelia saat ini masih menjalani proses persidangan dengan tuntutan 7 tahun penjara.

3. Nur Utami

Nur Utami adalah selebgram asal Makassar, Sulawesi Selatan. Ia merupakan tersangka dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) sindikat narkoba Fredy Pratama. Suami Nur Utami yang bernama Saru merupakan kaki tangan Fredy yang berperan sebagai pengendali peredaran dan penjualan narkotika di wilayah Sulawesi Selatan.

Nur Utami menikmati hasil penjualan narkoba suaminya yang dibelanjakan dalam bentuk kendaraan, barang bermerek, hingga aset tanah dan bangunan. Gaya hidup mewah pun kerap dipertontonkan Nur Utami di akun media sosialnya.

Baca Juga: Deretan Artis Indonesia yang Pernah Berseteru dengan Saudara Kandung

4. Millen Cyrus

Millen Cyrus memiliki 1,4 juta pengikut di Instagram. Millen pernah tersangkut kasus narkoba sebanyak dua kali.

Pada kasus pertama, transgender bernama asli Muhammad Milendaru Prakarsa itu ditangkap Unit Resnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok pada 2020 karena mengonsumsi sabu di sebuah hotel di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Usai ditangkap dan menjalani proses hukum, ia pun dinyatakan harus menjalani rehabilitasi narkoba di Lido, Jawa Barat, dan sudah dibebaskan pada awal 2021.

Namun tak berselang lama, Millen Cyrus kembali ditangkap aparat lantaran kedapatan mengonsumsi obat dengan kandungan benzodiazepine atau benzo. Obat tersebut diketahui merupakan obat penenang. Namun, usai penangkapan yang kedua ini, Millen dibebaskan karena obat penenang yang dikonsumsinya memiliki resep dokter.

5. Lucinta Luna

Lucinta Luna yang memiliki 3,6 juta pengikut di Instagram ditangkap polisi pada 11 Februari 2020 atas dugaan penyalahgunaan narkoba. Dia diamankan di sebuah apartemen di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, oleh jajaran Polres Jakarta Barat.

Saat itu, polisi menyita barang bukti berupa tujuh butir Tramadol dan lima butir Riklona dari tas Lucinta serta dua butir ekstasi di keranjang sampah. Tramadol dan Rikloma tergolong obat penenang dan masuk golongan psikotropika.

Berdasarkan hasil tes urine, Lucinta Luna dinyatakan positif mengonsumsi benzodiazepine, kandungan dalam obat-obatan yang masuk golongan psikotropika. Kemudian, berdasarkan hasil tes rambut, Lucinta diketahui positif menggunakan amphetamin atau kandungan narkoba jenis ekstasi. Atas tindakannya itu, sang selebgram harus merasakan berada di sel penjara selama 1,5 tahun.

6. Angela Lee

Angela Lee juga pernah masuk dalam pusaran kasus narkoba jaringan internasional Fredy Pratama. Namun, selebgram dengan 6,6 juta pengikut ini bukan termasuk pengguna, melainkan hanya terseret gara-gara memiliki kekasih yang merupakan tersangka kasus narkoba. Terkait hubungan tersebut, belakangan diketahui kalau Angela dan sang kekasih sudah putus.

Meski demikian, Angela sempat dipanggil untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus narkoba itu di Bareskrim Polri pada Oktober 2023. Statusnya adalah saksi. Angela sendiri tidak mengenal Fredy Pratama secara langsung, tetapi ia kenal rekan Fredy.

Baca Juga: Rizky Nazar dan Syifa Hadju Putus? Diduga Ada Orang Ketiga

7. Syiva Angel

Jauh ke belakang pada beberapa tahun yang lalu, selebgram Syiva Angel juga pernah tersandung kasus narkoba. Ia ditangkap Polresta Denpasar pada awal 2021. Selebgram 26 tahun yang saat itu memiliki 1 juta lebih pengikut ini diduga menggunakan narkoba berbahaya jenis baru bernama P-Flouro Fori.

Dari hasil penemuan di TKP yang merupakan sebuah vila di kawasan Badung kala itu, polisi mengamankan empat butir tablet dan tiga pecahan tablet seberat 1,90 gram.

8. Abdul Kadir

Selegram Abdul Kadir ditangkap di salah satu hotel di kawasan Pancoran, Jakarta Selasa, pada 27 Januari 2021 karena penyalahgunaan narkoba. Ia ditangkap bersama seorang teman berinisial F.

Berdasarkan hasil tes urine saat itu, Abdul Kadir yang memiliki akun Instagram bernama @d_kadoor dinyatakan positif mengonsumsi narkoba jenis methamphetamine.

Selebgram bernama asli Abdul Kadri Bachmid ini sering membagikan video menghibur dan berperan sebagai perempuan.

Topik Menarik