5 Tips Investasi Emas bagi Pemula, Dijamin Mudah dan Aman

5 Tips Investasi Emas bagi Pemula, Dijamin Mudah dan Aman

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 25 April 2024 - 13:04
share

Bagi banyak orang, emas merupakan instrumen investasi yang aman dan stabil. Hal inilah yang membuat masyarakat tertarik untuk investasi emas, tetapi tak sedikit dari mereka yang masih kebingungan harus memerhatikan hal apa saja ketika berinvestasi.

Apakah kamu termasuk salah satunya? Artikel ini akan mengulas lebih lengkap mengenai tips investasi emas bagi pemula, dijamin mudah dan aman untuk diterapkan. Simak tipsnya berikut ini!

1. Tentukan Tujuan InvestasiSebelum memulai investasi, jangan lupa untuk menentukan tujuanmu terlebih dahulu. Mengetahui tujuan investasi penting untuk menentukan strategi yang tepat agar langkah investasi menjadi lebih optimal sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Tujuan investasi tentunya beragam, mulai dari tabungan, biaya pendidikan, pernikahan hingga persiapan masa tua. Jika sudah tahu tujuan, kamu dapat menentukan berapa besaran emas yang ingin diinvestasikan tiap bulannya, misalnya saja emas 0,5 gram setiap bulan, sehingga dapat terkumpul 30 gram selama lima tahun ke depan.

2. Membeli Emas di Tempat TerpercayaPastikan kamu membeli emas di tempat terpercaya, sebab emas bukanlah barang dengan harga yang murah. Belilah emas di tempat yang resmi, dan pastikan kamu mendapatkan dokumen bukti pembelian emas.

Selain membeli secara langsung di toko, kamu juga dapat membeli emas secara online melalui e-commerce, misalnya saja seperti Tokopedia. Tidak hanya praktis, kamu juga dapat menggunakan promo-promo yang ada, mulai dari potongan harga, sampai gratis ongkos kirim (ongkir)!

Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba tabungan emas ataupun investasi emas online yang disediakan berbagai platform. Namun, pastikan bahwa layanan yang kamu gunkan memiliki izin usaha yang resmi dan dapat dipertanggungjawabkan.

3. Pantau Pergerakan Harga EmasTips investasi emas bagi pemula selanjutnya adalah memantau harga pergerakan emas. Meski terbilang stabil, kamu tetap harus memantau perkembangan harga emas sebelum mulai berinvestasi. Harga emas dapat berubah-ubah sesuai dengan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar global.

Kamu dapat membeli emas ketika harganya sedang turun atau cenderung rendah. Kemudian, ketika harganya melambung tinggi, kamu dapat membertimbangkan untuk menjual kembali emas tersebut. Memantau pergerakan harga emas dapat dilakukan secara online dengan kata kunci tertentu, misalnya saja “harga emas 1 gram hari ini”.

4. Simpan Emas di Tempat yang AmanSetelah emas terbeli, hal lain yang harus diperhatikan adalah bagaimana menyimpan emas di tempat yang aman. Kamu dapat menyiapkan brankas dengan proteksi keamanan pin hingga sidik jari untuk meminimalisir kemungkinan pencurian dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga dapat menyimpan emas di safe deposit box yang biasanya disediakan oleh bank. Banyak bank di Indonesia yang sudah menyediakan tempat untuk menyimpan barang berharga, sehingga kamu dapat merasa lebih aman dibandingkan menyimpannya sendiri.

5. Menjual Kembali Emas di Waktu yang TepatSeperti halnya investasi, tentulah mengharapkan keuntungan. kamu perlu menganalisa dengan cermat kapan waktu yang tepat untuk dapat memperoleh margin keuntungan yang besar. Investasi emas dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, oleh karena itu kamu tak perlu buru-buru dan gegabah untuk menjualnya.

Pertimbangkan pula untuk tidak langsung menjual seluruh emas yang kamu miliki. Cobalah menjual kembali emas sesuai dengan kebutuhan, agar nantinya kamu tetap memiliki tabungan atau investasi. Misalnya saja kamu memiliki 30 gram emas, kamu dapat menjual emas 5 gram untuk memperolah dana setidaknya Rp6 jutaan (harga per 23 April 2024).

Nah, itulah tadi tips investasi emas bagi pemula yang dijamin mudah dan aman. Tidak perlu ragu untuk memulai, tetapi harus tetap berhati-hati dan jangan lelah untuk terus belajar! Kalau bukan sekarang, mau kapan?

Topik Menarik