Demo Anti-Israel Menjamur di Berbagai Kampus AS

Demo Anti-Israel Menjamur di Berbagai Kampus AS

Berita Utama | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 19:30
share

Protes terhadap Israel memenuhi jalan-jalan di Brooklyn dan meningkat di universitas-universitas di seluruh Amerika Serikat, ketika para demonstran menuntut diakhirinya korban sipil di Gaza.

Protes yang meningkat ini menyusul penangkapan massal terhadap para demonstran di beberapa universitas di Pantai Timur dalam beberapa hari terakhir, dan menunjukkan ketidakpuasan yang semakin mendalam di Amerika Serikat, yang secara historis merupakan sekutu terpenting Israel, terhadap jalannya perang dengan Hamas.

Protes pro-Palestina telah terjadi setelah Presiden Joe Biden, yang menyatakan dirinya sebagai "Zionis", selama berbulan-bulan. Di universitas, protes baru-baru ini berkembang menjadi perkemahan yang menarik mahasiswa dan dosen dari berbagai latar belakang, termasuk agama Yahudi dan Muslim, yang menjadi tempat pengajaran, doa antaragama, dan pertunjukan musik.

Protes besar di jalanan Brooklyn mencapai kebuntuan pada hari Selasa ketika polisi New York mulai menangkap orang-orang karena perilaku tidak tertib, dan menahan mereka yang menolak untuk bergerak dengan menggunakan tali pengikat.

Dewan Hubungan Amerika-Islam mengkritik penggunaan pasukan polisi untuk membungkam perbedaan pendapat, dan mengatakan bahwa hal itu merusak kebebasan akademis.

“Begitu juga dengan pencemaran nama baik dan membahayakan mahasiswa Yahudi, Muslim dan Palestina… yang didasarkan pada komentar-komentar yang menghasut dan mencurigakan yang dibuat oleh beberapa orang tak dikenal dan bertopeng di luar kampus,” Afaf Nasher, direktur eksekutif CAIR di New York, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kritik terhadap protes tersebut, termasuk anggota Kongres AS terkemuka dari Partai Republik, telah meningkatkan tuduhan antisemitisme dan pelecehan oleh setidaknya beberapa pengunjuk rasa. Para pendukung hak-hak sipil, termasuk ACLU, telah menyuarakan keprihatinan atas kebebasan berpendapat atas penangkapan tersebut.

Terjadi pertukaran kata-kata dan hinaan yang memanas antara demonstran pro-Palestina dan pro-Israel, khususnya di jalan-jalan umum di sekitar Kolombia, yang menyebabkan anggota Kongres dari Partai Republik pada hari Selasa menuntut agar Biden berbuat lebih banyak untuk melindungi pelajar Yahudi.

Beberapa pengunjuk rasa kampus yang dihubungi Reuters mengaitkan insiden di luar kampus dengan provokator jahat yang mencoba membajak pesan protes.

“Tidak ada universitas yang tersisa di Gaza. Jadi kami memilih untuk merebut kembali universitas kami untuk rakyat Palestina,” kata Soph Askanase, seorang mahasiswa Yahudi Columbia yang ditangkap dan diskors karena melakukan protes. “Antisemitisme, Islamofobia, dan rasisme, khususnya rasisme terhadap orang Arab dan Palestina, semuanya berasal dari satu kesatuan.”

Mahasiswa lain menyalahkan universitas karena gagal melindungi hak mereka untuk melakukan protes atau membela hak asasi manusia.

“Sebagai seorang mahasiswa Palestina, saya juga merasa tidak aman selama enam bulan terakhir, dan hal itu merupakan akibat langsung dari pernyataan sepihak dan kelambanan tindakan Columbia,” kata Mahmoud Khalil, seorang mahasiswa Palestina di Columbia.

Mahasiswa di Universitas California, Berkeley – sebuah sekolah yang terkenal dengan aktivisme mahasiswanya pada tahun 1960an – mendirikan tenda sebagai bentuk solidaritas dengan pengunjuk rasa di sekolah lain.

Milton Zerman, 25, mahasiswa tahun kedua di fakultas hukum Berkeley, yang berasal dari Los Angeles, mengatakan mahasiswa Yahudi dan Israel telah menderita pelecehan yang penuh kebencian.

“Ketika Anda menjadi mahasiswa Israel di kampus ini, Anda merasa seperti ada target di belakang Anda, Anda merasa tidak aman dan tidak heran mahasiswa dari Israel sangat ragu untuk datang ke sini,” kata Zerman.

Polisi New York menangkap lebih dari 120 pengunjuk rasa di Universitas New York pada hari Senin dan lebih dari 100 di Universitas Columbia minggu lalu. Columbia membatalkan kelas tatap muka di kampus Upper Manhattan pada hari Senin dalam upaya meredakan ketegangan.

Pada hari Selasa, Columbia mengatakan kelas-kelas untuk sisa tahun ini akan bersifat hybrid, dengan siswa dapat hadir secara online atau secara langsung.

Belakangan, rektor universitas tersebut mengatakan sudah waktunya “untuk melanjutkan rencana untuk membongkar” kelompok pro-Palestina, dan memberikan tenggat waktu tengah malam kepada penyelenggara untuk melakukan hal tersebut.

Cal Poly Humboldt di California, sebuah universitas negeri di Arcata, ditutup setelah pengunjuk rasa pro-Palestina menduduki gedung kampus.

Di kampus Universitas Minnesota di St. Paul, polisi membersihkan sebuah perkemahan setelah sekolah meminta mereka untuk mengambil tindakan, dengan alasan pelanggaran kebijakan universitas dan pelanggaran hukum.

Baca Juga: Abaikan Saran AS dan Negara Arab, Invasi Darat Israel ke Rafah Segera Dilaksanakan

Sementara itu, beberapa demonstran Yahudi mengatakan mereka mengambil malam kedua dari perayaan Paskah selama seminggu, sebuah pesta liburan ketika keluarga berkumpul dan merayakan kisah alkitabiah tentang kebebasan Israel dari perbudakan Mesir, untuk menegaskan kembali iman mereka dan menjauhkan diri dari strategi perang pemerintah Israel. .

"Saya tidak melihat apa yang dilakukan Israel sebagai pembelaan diri. Saya melihat pelanggaran hak asasi manusia yang luar biasa, benar-benar tidak dapat dipercaya," kata Katherine Stern, 62, dari Woodstock, New York, yang meninggalkan keluarganya Seder sejauh 120 mil (190 km) pergi untuk menghadiri protes Brooklyn.

Para pengunjuk rasa menginginkan dana abadi universitas divestasi dari kepentingan Israel dan Amerika Serikat untuk mengakhiri atau setidaknya membatasi bantuan militer Israel untuk memperbaiki penderitaan rakyat Palestina.

Pejuang Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera banyak orang, menurut penghitungan Israel. Serangan balik Israel telah menewaskan lebih dari 34.000 orang, menurut kementerian kesehatan Palestina, membuat hampir seluruh penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta orang mengungsi dan menyebabkan krisis kemanusiaan, membuka tab baru.

Di Brooklyn, sekitar 2.000 orang menduduki sebuah alun-alun dekat rumah Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Shumer, seorang pendukung setia Israel dan orang Yahudi berpangkat tertinggi di pemerintahan AS di Brooklyn, meneriakkan, "Berhenti mempersenjatai Israel," "Hentikan pendanaan genosida" dan “Biarkan Gaza hidup.”

Penyelenggara menampilkan musik dan lagu dari budaya Yahudi dan lainnya, memberikan perhatian kepada penulis Kanada Naomi Klein, seorang aktivis perdamaian yang memanfaatkan akar Yahudinya untuk menentang Zionisme, yang disebutnya sebagai "idola palsu".

“Kami ingin kebebasan dari proyek yang menghubungkan genosida atas nama kami,” kata Klein yang disambut sorak-sorai. “Kami berusaha untuk memigrasikan Yudaisme dari sebuah etnostat yang menginginkan orang-orang Yahudi terus-menerus merasa takut… atau agar kami lari ke bentengnya, atau setidaknya terus mengirimi mereka senjata dan sumbangan.”

 

Topik Menarik