Bagaimana Status Devin Haney usai Kalah Memalukan dari Ryan Garcia?

Bagaimana Status Devin Haney usai Kalah Memalukan dari Ryan Garcia?

Olahraga | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 10:10
share

Bagaimana status Devin Haney setelah kalah memalukan dari Ryan Garcia? Malam kekalahan Devin Haney di luar karakternya, di luar kebiasaan, di luar harapan. Semua hal yang terjadi saat beberapa pukulan keras mendarat di wajahnya.

Dalam episode "Deep Waters" di ProBox TV hari Senin, para kru termasuk mantan juara dunia Chris Algieri dan Paulie Malignaggi merefleksikan kembali kekalahan pertama mantan juara dunia kelas ringan yang tak terbantahkan, Devin Haney, pada usia 25 tahun. "Ia menyarangkan jab dengan sangat baik, dan saat ia terluka lagi [melalui knockdown pada ronde ketujuh], semuanya menjadi tidak berarti," kata Chris Algieri.

"Ia sedang berduel, mengejar pemukulnya. Dua hal yang tidak boleh anda lakukan: melakukan hook dengan seorang pengait - dan itulah yang dilakukan Devin sepanjang laga - dan anda tidak mengejar seorang pemukul. Itu hanyalah sebuah game plan yang buruk, yang dieksekusi dengan sangat buruk oleh Tim Haney tentang bagaimana cara melawan pria seperti Ryan Garcia,"sambung Algieri.

Baca Juga: Devin Haney vs Ryan Garcia dan Persaingan Tinju Kelas Ringan Super 63,5 Kg

Alih-alih membiarkan jab dan kemampuan tinjunya bersinar, Haney (31-1) tidak dapat menghindar dari pukulan kidal mantan rival amatir yang tidak diunggulkan, yang tingkah lakunya yang aneh selama pertandingan ini dipromosikan, karena Garcia kalah berat badan dalam pertarungan perebutan gelar juara dunia kelas berat badan 63,5 kilogram versi WBC sebesar 1,45 kilogram.

Malignaggi sangat terkejut melihat bagaimana Haney tidak hanya terguncang oleh dua pukulan kuat Garcia pada ronde pertama, namun juga bagaimana ia terpukul oleh pukulan pada ronde ketujuh setelah ia dengan impresif melakukan jab dan pergerakan pada ronde kedua dan ketiga. "Laga itu seharusnya tidak berlangsung cepat. Haney seharusnya dapat mengakhiri laga itu dengan jab itu dan memenangkan laga yang tenang," kata Maliggnagi.

Algieri setuju bahwa Garcia "terlihat sangat kelelahan, hampir terlihat seperti petarung tua," pada ronde-ronde awal sebelum "ia melepaskan pukulannya. Ia sangat cepat dan kuat [dan] mampu menangkap Haney hampir setiap kali ia membuka serangan."

Di tengah seruan agar Haney kembali membawa pelatih yang sudah mapan untuk memimpin pojok ringnya, alih-alih ayah dan manajernya, Bill Haney, Algieri mengatakan bahwa ia pertama kali khawatir saat melihat Haney berlatih melontarkan hook kiri di ruang ganti. "Mengapa Anda melakukan itu? Anda mengatakan [Garcia] adalah kuda poni dengan satu trik [dengan hook dahsyatnya]. Mengapa Anda akan memberinya kesempatan untuk mendaratkan itu? Sangat aneh," kata Algieri.

Baca Juga: 4 Pangeran vs 4 Raja Petinju Kelas Ringan Masa Lalu dan Masa Kini

Malignaggi mengatakan bahwa untuk pertama kalinya dalam beberapa waktu terakhir, Haney diberi kesempatan untuk melihat dari dekat seorang petarung muda yang berbakat di masa jayanya, setelah mengalahkan petinju-petinju yang lebih tua seperti Jorge Linares, Vasiliy Lomachenko dan Regis Prograis dalam beberapa tahun terakhir.

"Saya masih menilainya sebagai petarung yang baik, namun orang-orang ingin menilainya sebagai [Floyd] Mayweather, dan... dia bukan Mayweather berikutnya," kata Malignaggi. "Dagunya mencurigakan. Dia bukan seorang pemukul. [Melawan Garcia], Anda harus pintar. Di sinilah Anda menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya.

"[Ingat], Mayweather terluka oleh [Shane] Mosley. Setelah itu, apa yang terjadi? Mosley tidak memenangkan satu detik pun dalam pertarungan itu. Haney terluka di mana-mana, meninggalkan jabnya sendiri."

Bagaimana posisi Haney saat ini? Dia tetap menjadi juara WBC kelas 63,5 kg dalam divisi yang sangat ketat, yang juga memiliki Teofimo Lopez, Isaac "Pitbull" Cruz dan Subriel Matias dari Puerto Rico sebagai sesama juara. Meskipun masing-masing petarung berbicara tentang pertandingan ulang di atas ring, Garcia mengatakan bahwa ia tidak dapat lagi memiliki berat badan di bawah 64,9 kilogram, dan menyebutkan bahwa ia ingin bertarung melawan atlet kelas welterweight dan bahkan juara kelas menengah junior, Sebastian Fundora.

"Untuk Devin Haney, saya tahu saya mendapatkan banyak kebencian karena mengkritik Anda di masa lalu. Saya berusia 25 tahun saat bertarung melawan Miguel Cotto, dan saya menerima kekalahan telak," kata Malignaggi. "Saya kembali dan memenangkan dua gelar juara dunia.''

"Anda bisa kembali dan Anda akan kembali jika Anda percaya pada diri sendiri. Saya yakin dia masih bisa menjadi juara [lagi]. Ia harus percaya pada dirinya sendiri setelah kekalahan itu."

Topik Menarik