Daftar 3 Pemain Batal Gabung Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Wajib Putar Otak

Daftar 3 Pemain Batal Gabung Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Wajib Putar Otak

Olahraga | inews | Sabtu, 6 April 2024 - 08:01
share

JAKARTA, iNews.id - Daftar 3 pemain batal gabung Timnas Indonesia U-23 menarik diulas. Pelatih Garuda Muda Shin Tae-yong wajib memutar otak khususnya di lini pertahanan.

Timnas Indonesia bakal mentas di Piala Asia U-23 2024 mulai 15 April mendatang. Garuda Muda satu Grup dengan Yordania, Australia dan tuan rumah Qatar.

Shin Tae-yong memanggil 28 nama untuk ajang tersebut. Sayangnya ada tiga yang tidak bisa bergabung. Siapa saja mereka?

Daftar 3 pemain batal gabung Timnas Indonesia U-23:

1. Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga menjadi kapten Timnas U-23 kala menghadapi Vietnam di laga final Piala  AFF U-23 2023 di Thailand. (IG @alfeandradewangga)

Asisten Shin Tae-yong yakni Nova Arianto memastikan Dewangga batal merapat ke Timnas Indonesia U-23.

Tidak (bisa gabung) mas, tutur Nova melalui pesan singkat kepada iNews.id, Rabu (3/4/2024).

Dewangga tmengalami keluhan di ketiak kirinya sebelum laga PSIS Semarang kontra Barito Putera pada Jumat (29/3) lalu. Maka dari itulah, dia harus menjalani operasi kecil, di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur pada Selasa (1/4/2024).

Melalui situs resmi PSIS Semarang, Dewangga juga menyampaikan keluh kesahnya. Pemain berusia 22 tahun ini membutuhkan waktu recovery selama 5 sampai 1 minggu usai operasi.

Kemarin sebelum lawan Barito Putera sudah sakit, namun tetap bisa main dan setelah itu saya tetap berangkat ke Jakarta. Namun kondisinya memang harus operasi kecil. Terkait keberangkatan ke Piala Asia U-23, saya menunggu instruksi aja dan melihat kondisi saya. Tadi dokter juga sampaikan butuh waktu recovery 5 hari sampai 1 minggu, terang Dewangga dalam situs resmi PSIS Semarang.

Waktu recovery yang selama itu menjadi salah satu alasan Dewangga dicoret dari Timnas Indonesia U-23. Pasalnya, Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar di Qatar akan mulai dihelat pada 15 April sampai 3 Mei mendatang.

2. Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On dipastikan batal bergabung Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. (Foto: Instagram @nathantjoeaon)

Nathan Tjoe-A-On dipastikan batal bergabung. Dia tak mendapat izin dari klubnya, SC Heerenveen.

Ya, klub memang punya hak untuk tak melepas pemainnya karena Piala Asia U-23 tak masuk dalam kalendar FIFA.

Kepastian batalnya Nathan bergabung Tim Garuda Muda disampaikan Nova Arianto.

Ya (benar Nathan batal gabung Timnas Indonesia U-23), tutur Nova melalui pesan singkat kepada iNews.id.

3. Justin Hubner

Bek Timnas Indonesia Justin Hubner mengirim pertanda buruk di Instagram jelang berhadapan dengan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Foto: Instagram/justinhubner5)

Hal serupa terjadi kepada Justin Hubner yang tak diizinak Cerezo Osaka untuk gabung Timnas Indonesia U-23.

"Memang saat ini Elkan (Baggott), Dewangga, Justin, tidak bergabung. Memang kami mengalami kesulitan (dalam memanggil pemain), tapi memang harus dipersiapkan," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (5/4/2024).

Namun Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengonfirmasi jika Justin Hubner bakal dilepas Cerezo Osaka tanggal 17 April, atau sehari sebelum Timnas Indonesia U-23 lawan Australia di fase grup Piala Asia U-23.

Saat ini di lini pertahanan Garuda Muda tinggal menyisakan Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferrari, dan Kakang Rudianto di posisi bek tengah. Sedangkan di bek sayap, Shin Tae-yong membawa Rio Fahmi, Haykal Alhafiz, Bagas Kaffa, Pratama Arhan, Dony Tri Pamungkas, dan Dzaki Asraf.

Topik Menarik