9 Nama Tokoh yang Ramai Disebut Siap Bertarung pada Pilkada Banten 2024

9 Nama Tokoh yang Ramai Disebut Siap Bertarung pada Pilkada Banten 2024

Terkini | serpong.inews.id | Kamis, 9 Mei 2024 - 08:40
share

SERANG, iNewsSerpong.id - Pertarungan Pilkada Banten 2024 mulai memanas. Sejumlah nama mulai disebut-sebut bakal ikut bertarung kali ini.

Setidaknya, terdapat 9 nama tokoh yang sudah tidak asing lagi bagi warga Banten.

Mulai dari mantan Gubernur Banten hingga mantan Walikota dan sejumlah tokoh masyarakat yang tak diragukan lagi kredibilitasnya.

Lebih seru lagi, 9 tokoh yang dikabarkan siap bertarung dalam Pilkada Banten 2024 untuk memimpin Tanah Jawara, masing-masing memiliki basis dukungan yang kuat dan mengakar.

Siapa saja 9 nama tokoh yang siap bertarung di Pilkada Banten 2024?

1. Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany, salah seorang politisi Golkar yang sukses memimpin Kota Tangerang Selatan (Tangsel) selama dua periode. Tentu memiliki basis massa yang besar di di Kota Tangsel.

Pada pemilihan legislatif lalu, Airin Rachmi Diany memenangkan Dapil Banten III dengan jumlah suara tertinggi, mayoritas disokong dari Kota Tangsel.


Airin Rachmi Diany. (Foto: Ist)

2. Wahidin Halim

Wahidin Halim, adalah politisi NasDem. Tercatat menjabat sebagai Gubernur Banten pada periode 2017-2022. Dan, politisi senior ini berhasil memenangkan Pemilihan Legislatif 2024 Dapil Banten III.

Berangkat dari pengalaman sebagai mantan Gubernur Banten, Wahidin Halim memiliki peluang besar untuk kembali menduduki posisi tersebut.


Wahidin Halim. (Foto: Ist)

3. Arief Rachadiono Wismansyah

Arief Rachdiono Wismansyah, punya peluang besar dalam Pilkada Banten 2024.

Arief berhasil menjabat sebagai Wali Kota Tangerang selama dua periode. Artinya, politisi dari partai Demokrat itu, memiliki basis massa yang tak diragukan di Kota Tangerang.


Arief Rachadiono Wismansyah. (Foto: Ist)

4. Rano Karno

Rano Karno pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur dan Gubernur Banten pada periode 2012-2017. Saat itu, Rano Karno menggantikan Ratu Atut Chosiyah yang terkena kasus pidana korupsi.

Aktor legendaris itu suskse mendulang suara tertinggi kedua pada Pemilihan Legislatif 2024 Dapil Banten III. Jadi, tak diragukan kalau Rano Karno yang sering dipanggil si Doel punyai peluang besar dalam Pilkada Banten 2024.


Rano Karno, (Foto: Ist)

5. Iti Octavia Jayabaya

Iti Octavia Jayabaya, sepak terjangnya cukup panjang. Dia adalah mantan Bupati Lebak selama dua periode.

Siapa Iti Octavia Jayabaya? Dia adalah anak dari pengusaha sukses di Kabupaten Lebak, Mulyadi Jayabaya, yang juga mantan Bupati Lebak selama dua periode.


Iti Octavia Jayabaya. (Foto: Ist)

6. Achmad Dimiyati Natakusumah

Achmad Dimiyati Natakusumah, pernah menjabat Bupati Pandeglang. Kabarnya, Dimiyati telah mendapatkan restu dari para ulama terkemuka di Provinsi Banten.

Achmad Dimiyati Natakusumah yang tercatat sebagai politisi senior dari PKS, sudah menyatakan tekad untuk bertarung pada Pilkada Banten 2024.


Achmad Dimiyati Natakusumah. (Foto: Ist)

7. Al Muktabar

Al Muktabar disebut-sebut salah seorang kandidat kuat dalam Pilkada Banten 2024. Tercatat sebagai Pj Gubernur Banten.

Dengan posisi starategis selaku Pj Gubernur Banten adalah sebuah modal besar untuk bertarung pada Pilkada Banten 2024.


Al Muktabar. (Foto : Ist)

8. Ratu Ageng Rekawati

Ratu Ageng Rekawati, sudah memproklamirkan diri maju Pilkada Banten 2024. Spanduk kesiapan menjadi orang nomor satu di Banten sudah terpasang diberbagai wilayah strategis seputar Banten.

Perempuan yang akrab dipanggil Bunda Reka itu adalah Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN). Putri dari tokoh Banten KH Tb Abah Sangadiah,


Ratu Ageng Rekawati. (Foto: Ist)

9. Gembong R Sumedi

Gembong R Sumedi seorang wakil rakyat sebagai anggota DPRD Banten yang siap untuk bertarung dalam Pilkada Banten 2024.

Gembong seorang politisi dari PKS, mengklaim telah mendapat dukungan serius dari berbagai kalangan. Karena itu, sangat optimistis untuk ikut Pilkada Banten 2024.


Gembong R Sumedi. (Foto: Ist)

Melihat profil singkat 9 tokoh yang berpotensi menjadi Calon Gubernur Banten 2024, sudah bisa dipastikan pertarungan akan seru dengan munculnya tokoh-tokoh yang berkualitas itu.

Topik Menarik