Garuda Muda Melaju ke Semifinal, Menang Dramatis Adu Penalti dengan Korea Selatan

Garuda Muda Melaju ke Semifinal, Menang Dramatis Adu Penalti dengan Korea Selatan

Olahraga | serpong.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 07:30
share

DOHA, iNewsSerpong.id - Garuda Muda melaju ke semifinal setelah mengalahkan Korea Selatan 11-10 melalui adu penalti dalam pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Pelatih Garuda Muda, Shin Tae-yong, menurunkan skuad terbaiknya dalam pertandingan tersebut dengan menggunakan skema formasi 3-4-3.

Ernando Ari kembali menduduki posisi kiper, diikuti oleh tiga bek di depannya: Komang Teguh, Rizky Ridho, dan Justin Hubner. Duet Nathan Tjoe-A-On dan Ivar Jenner bertugas di lini tengah, sementara Rio Fahmi dan Pratama Arhan berperan sebagai wing back kanan dan kiri.

Sempat Lengah Awal Pertandingan

Di lini serang, Shin Tae-yong mempercayakan trisula langganannya: Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Marselino Ferdinan.

Meskipun demikian, Garuda Muda sempat lengah di awal pertandingan. Gol pertama dicetak oleh Lee Kang-hee pada menit kedelapan, namun gol tersebut dibatalkan setelah wasit memeriksa VAR karena salah satu pemain Korea Selatan terjebak offside sebelum gol tercipta.

Indonesia kemudian berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Rafael Struick pada menit ke-15. Gol ini menambah kepercayaan diri Timnas Indonesia U-23 dan memberikan tekanan yang kuat kepada Korea Selatan.

Pertandingan berlangsung ketat, namun Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-1 melalui tandukan Eom Ji-sung pada menit ke-44. Namun, dalam waktu tambahan pada babak pertama, Struick kembali mencetak gol kedua untuk Indonesia, memanfaatkan umpan terukur dari Ivar Jenner.

Pada babak kedua, Korea Selatan memainkan top skor Piala Asia U-23 2024, Lee Young-jun, sementara Indonesia terus menekan dengan peluang yang diciptakan oleh Pratama Arhan dan Rafael Struick.

Setelah bermain imbang 2-2 hingga babak tambahan, Indonesia akhirnya berhasil melaju ke babak semifinal melalui adu penalti dengan skor 11-10. (*)

 

 

 

 

Topik Menarik