Perbedaan Bing AI dan ChatGPT, Dua Kecerdasan Buatan yang Serupa tapi Tak Sama

Perbedaan Bing AI dan ChatGPT, Dua Kecerdasan Buatan yang Serupa tapi Tak Sama

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 11:49
share

IDXChannel Mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa saja perbedaan Bing AI dan ChatGPT.

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat. Berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi khasnya masing-masing agar bisa bersaing dan menarik minat para penggunanya.

Hal ini bisa terlihat dari perkembangan produk-produk kecerdasan buatan (AI) saat ini. Ada banyak sekali produk AI yang ramai diperbincangkan, beberapa di antaranya adalah Bing AI dan ChatGPT

Perbedaan Bing AI dan ChatGPT

Kedua produk AI tersebut dikembangan oleh dua perusahaan yang berbeda, yakni Bing dan OpenAI. Nah, sebenarnya apa saja perbedaan Microsoft dan ChatGPT yang perlu Anda ketahui?

1. Batas Pemahaman Informasi

Perlu diketahui bahwa ada batasan informasi yang bisa didapatkan oleh ChatGPT. ChatGPT hanya mampu memahami informasi dengan konteks waktu terbatas sampai 2021.

Dalam konteks pengetahuan yang tersedia, ChatGPT memiliki pengetahuan yang terbatas dan berhenti pada tanggal rilis model, yaitu September 2021. Ini berarti bahwa ChatGPT tidak secara otomatis memiliki akses langsung ke informasi atau peristiwa yang terjadi setelah tanggal tersebut.

Sementara itu, Bing AI memiliki informasi pengetahuan yang lebih luas. Hal ini dikarenakan, Bing AI terintegrasi dengan search engine Bing, yang membuatnya bisa menelusuri data yang ada di berbagai situs website dan mengolahnya menjadi informasi untuk menjawab pertanyaan para penggunanya.

2. Penggunaan

Bing AI digunakan secara luas sebagai mesin pencari yang populer di seluruh dunia. Ini memberikan penggunaan yang meluas dalam mencari informasi, menavigasi peta, menerjemahkan teks, dan lebih banyak lagi.

Di sisi lain, ChatGPT lebih fokus pada interaksi dengan pengguna dalam konteks percakapan dan masih dalam tahap pengembangan untuk berbagai aplikasi seperti chatbot, asisten virtual, dan interaksi berbasis teks lainnya.

Perbedaan Bing AI dan ChatGPT, Dua Kecerdasan Buatan yang Serupa tapi Tak Sama. (FOTO : MNC MEDIA)

3. Kepemilikan

ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI sebagai bagian dari upaya mereka dalam membangun model bahasa alami yang lebih kuat. Model ini tersedia untuk digunakan oleh pengembang dan perusahaan melalui API dan berbagai aplikasi.

Di sisi lain, Bing AI dimiliki oleh Microsoft dan digunakan sebagai bagian dari layanan mereka, seperti mesin pencarian Bing dan berbagai produk dan layanan AI yang terkait.

4. Jenis Model

ChatGPT adalah model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI berdasarkan arsitektur GPT (Generative Pre-trained Transformer), sedangkan Bing AI adalah platform AI yang dikembangkan oleh Microsoft yang mencakup berbagai jenis layanan AI, termasuk pencarian web, penerjemahan, dan lainnya.

5. Mendeteksi Gambar di Web

Terakhir, Bing AI memiliki kemampuan untuk mendeteksi gambar di website. Pengguna bisa menggunakan fitur ini di tab khusus yang ada pada Microsoft Edge untuk memerintah Bing AI mendeskripsikan gambar pada sebuah website.

Itulah lima perbedaan Bing AI dan ChatGPT yang perlu Anda ketahui. (MYY)

Topik Menarik