Momen Jokowi Gendong Kaesang Pangarep saat Prosesi Siraman

Momen Jokowi Gendong Kaesang Pangarep saat Prosesi Siraman

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 9 Desember 2022 - 14:19
share

SOLO Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman di kediaman, Sumber, Kota Surakarta. Prosesi siraman berlangsung penuh hikmat.

Prosesi diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi di depan kediaman. Setelah itu, sekitar pukul 08.15 WIB, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman. Kaesang kemudian bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya.

Tak lama berselang, Kaesang bersama kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman Sumber. Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

Setibanya di kediaman, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga.

Tujuh sumber mata air tersebut, yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo.

Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman.

Baca : Mahar Pernikahan Kaesang Pangarep Ternyata hanya Rp300 Ribu

Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu yaitu Prof. Mahfud Md, Luhut Binsar Pandjaitan, Retno Marsudi, Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

Selepas itu, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

Prosesi siraman juga dilakukan di kediaman calon mempelai wanita di daerah Sleman, Yogyakarta, pada hari ini.

(san)

Topik Menarik