Gegara Serial di Netflix, Suriname Layangkan Protes Resmi ke Korsel

Gegara Serial di Netflix, Suriname Layangkan Protes Resmi ke Korsel

Seleb | BuddyKu | Kamis, 15 September 2022 - 19:15
share

SEOUL, iNews.id - Gegara serial di Netflix, Suriname melayangkan protes diplomatik ke Korea Selatan (Korsel). Negara itu tak terima negaranya digambarkan sebagai negara narkoba dalam serial drama \'Narco-Saints\' yang tayang di Netflix.

Negara di Amerika Latin tersebut juga mempertimbangkan akan mengambil tindakan hukum terhadap pembuat serial drama tersebut.

Serial drama Narco-Saints itu dianggap menjelekkan Suriname dengan menggambarkannya sebagai negara narkoba.

Serial yang dirilis bulan ini di Korsel dengan judul lain Suriname itu menceritakan seorang pria yang mempertaruhkan nyawa untuk bergabung dalam misi rahasia menangkap seorang gembong narkoba negara itu yang beroperasi di Suriname. Serial ini diangkat dari kisah nyata kejadian sekitar 20 tahun lalu.

Suriname tak terima serial itu karena menampilkan negaranya sebagai sarang gembong narkoba berdasarkan kejahatan dan aktivitas lintas batas di masa lalu. Padahal pemerintah sudah berusaha keras memberantas kejahatan itu selama puluhan tahun.

Suriname tidak lagi memiliki citra yang muncul dalam serial atau tidak lagi terlibat dalam praktik semacam itu, kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Suriname, Albert Ramdin, dalam pernyataan di situs web pemerintah Senin lalu, dikutip dari Reuters.

Apakah praktik yang disajikan benar atau salah, itu menciptakan persepsi negatif. Seluruh dunia melihat hal-hal ini, jadi ini tidak baik, ujarnya, menambahkan.

Oleh karena itu, lanjut Ramdin, pemerintahnya akan mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum terhadap produsen seraya mengajukan protes diplomatik terhadap pemerintah Korsel.

Sementara itu seorang pejabat di Kementerian Luar Negeri Korsel belum menerima pernyataan resmi dari Suriname soal isu ini.

Sejauh ini belum ada komentar dari pihak-pihak yang terlibat dalam produksi film. Netflix menolak berkomentar.

Topik Menarik