4 Pasien Hepatitis Akut Sudah Sembuh dan Pulang ke Rumah, Kemenkes: Mereka Tidak akan Menularkan!

4 Pasien Hepatitis Akut Sudah Sembuh dan Pulang ke Rumah, Kemenkes: Mereka Tidak akan Menularkan!

Seleb | celebrities.id | Rabu, 18 Mei 2022 - 14:22
share

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Kesehatan mengumumkan bahwa ada empat pasien hepatitis akut yang dipulangkan ke rumah atau telah sembuh. Keempatnya dipastikan tidak menularkan ke orang lain.

"Per 17 Mei 2022, ada empat pasien hepatitis akut yang dinyatakan sembuh. Mereka semua tidak lagi mengalami gejala klinis dan secara laboratorium normal, makanya boleh pulang dari rumah sakit," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril di Kantor Kemenkes, Rabu (18/5/2022).

Dalam kesempatan itu juga Syahril mengatakan bahwa keempat pasien hepatitis akut tidak lagi menyebarkan penyakit ke orang di sekitarnya. Artinya, pasien tidak lagi menularkan.

"Pasien yang sembuh ini tidak akan menulari lagi," katanya.

Tapi, Syahril mengimbau kepada masyarakat bahwa pasien yang dinyatakan sembuh tersebut bisa terinfeksi kembali jika dia terpapar sumber penyebab yang masih misterius. Ya, pasien hepatitis akut yang pernah sembuh bisa \'re-infeksi\'.

"Pasien bisa re-infeksi jika di lingkungannya ternyata ada sumber penyebab. Jadi, sama seperti Covid-19, pasien yang sudah sembuh bisa terinfeksi lagi," tuturnya.

Hal ini tentu menjadi kekhawatiran bersama, terlebih sampai saat ini penyebab hepatitis akut belum diketahui. Artinya, potensi seseorang untuk terinfeksi penyakit ini masih besar karena sumber masalah belum diketahui.

"Sampai saat ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun belum memastikan apa penyebab dari hepatitis akut. Kami semua sedang melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab utama masalah ini," ucap Syahril.

Topik Menarik