Loading...
Loading…
ASEAN Sepakat Adopsi Standar Prokes, Menkes: Tidak Ada Lagi Lockdown 100 Persen

ASEAN Sepakat Adopsi Standar Prokes, Menkes: Tidak Ada Lagi Lockdown 100 Persen

Powered by celebrities.id
Seleb | Celebrities | Minggu, 15 Mei 2022 - 22:49

DENPASAR, celebrities.id - Negara-negara ASEAN sepakat mengadopsi standar protokol kesehatan. Hal itu diperlukan agar kawasan ini siap menghadapi dampak jika terjadi ancaman pandemi baru.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menuturkan jika ada persetujuan antarnegara ASEAN untuk mengadopsi dan harmonisasi standar protokol kesehatan secara bersama. Dengan standar itu, diharapkan negara ASEAN sudah siap kalau ada pandemi baru.

"Jadi nanti tidak ada lagi lockdown 100 persen. Terus orangnya sudah divaksin semua, tetap bisa begerak sehingga ekonomi tidak 100 persen berhenti," tuturnya usai penutupan 15th Health Ministers Meeting and Related Meetings di Nusa Dua, Bali, Minggu (15/5/2022).

Nantinya lanjut dia, standar protokol kesehatan ini dibuat dengan basis teknologi yaitu kode QR dengan standar WHO. Dengan begitu, standar protokol kesehatan di kawasan ASEAN bisa saling terkoneksi.

Dalam pertemuan selama lima hari itu, juga disetujui pendirian Asean Center for Public Health Emergency and Emerging Disease (ACPHEED).

ACPHEED akan berkantor di tiga negara, yaitu Indonesia, Thailand dan Vietnam. Untuk sekretariat berada di Thailand.

Baca Juga :
Anang Hermansyah dan Ashanty Ubah Nama Anak ART

"Jadi center ini membina kapabilitas dan kapasitas seluruh negara Asean untuk mempersiapkan diri kalau ada potensi pandemi baru," kata Budi.

Pembiayaan ACPHEED bersumber dari negara anggota Asean. "Selain itu ada negara mitra yang ikut berkontribusi. Jepang sudah mau memberi komitmen pembiayaan," ucapnya.

Original Source

Topik Menarik