Loading...
Loading…
Khofifah Ajak Masyarakat Waspadai Kasus Hepatitis Akut, Minta Nakes Peka

Khofifah Ajak Masyarakat Waspadai Kasus Hepatitis Akut, Minta Nakes Peka

Seleb | celebrities.id | Jumat, 13 Mei 2022 - 08:49

SURABAYA, celebrities.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menggelar Halalbihalal bersama para tenaga kesehatan (nakes) di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (12/5/2022).

Para nakes yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jatim, Perguruan Tinggi dan Asosiasi Rumah Sakit Daerah diajak untuk mewaspadai kasus hepatitis akut misterius yang saat ini membuat resah. Khofifah juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik.

"Kita harus saling menjaga dan mawas atas kesehatan satu sama lain. Yang tua mengawasi yang muda serta anak-anak, dan sebaliknya. Kita sudah membuktikan, apabila saling menjaga dan bersinergi maka masa kritis dapat kita lewati bersama," katanya.

Dia mengajak pada nakes untuk terus meningkatkan kesadaran bersama di tengah masyarakat. Terlebih lagi untuk meredam kepanikan yang mungkin muncul akibat ketidaktahuan atas penyakit yang dihadapi.

"Semua orang dari berbagai kalangan, berbagai rentang usia, harus punya awareness akan bahaya penyakit ini. Sebagai nakes, harus punya kepekaan dan bisa gerak cepat melihat gejalanya. Karena semakin cepat ditangani, peluang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan semakin besar," ujar Khofifah.

Baca Juga :
Waspada! Ini Cara Penularan Hepatitis Akut pada Anak Menurut Menteri Kesehatan

Ketua Umum IDI Jatim Dr. Sutrisno menyatakan bahwa, upaya yang dilakukan para nakes itu sebagai bentuk harapan untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik.

"Kami yakin bahwa kami semua dari insan para dokter, perawat, ingin berbuat yang terbaik dan kami sangat senang bahwa pemerintah telah mendukung yang terbaik," ujar dia.

Sementara, sebanyak 21 warga DKI Jakarta diduga terjangkit hepatitis akut misterius hingga Rabu (11/5/2022). Dari jumlah itu sebanyak 14 kasus menimpa anak-anak dan tujuh orang dewasa.

Penyebab penyakit hepatitis akut ini masih diinvestigasi oleh Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ). Kemenkes bekerja sama dengan Badan Kesehatan Dunia atau WHO, Amerika Serikat, dan Inggris dalam upaya mencari penyebab hepatitis akut.

Original Source

Topik Menarik

{