Loading...
Loading…
Fakta-fakta Virus Hepatitis Misterius: Gejala, Mutasi dan Awal Mula

Fakta-fakta Virus Hepatitis Misterius: Gejala, Mutasi dan Awal Mula

Seleb | kuyou.id | Rabu, 04 Mei 2022 - 15:03

Yuk simak fakta-fakta virus Hepatitis misterius lengkap beserta gejala, mutasi dan juga awal mula penyebarannya.

Selain virus Covid-19, di Indonesia juga sedang diwaspadai virus Hepatitis misterius. Virus Hepatitis misterius ini diduga telah menewaskan tiga pasien anakyang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta pada tahun 2022.

Akibatnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bersama-sama mewaspadai penyebaran virus Hepatitis misterius ini. Kenapa disebut Hepatitis misterius? Karena belum diketahui mutasi penyebarannya.

Dan berikut kami berikan fakta-fakta virus Hepatitis misterius lengkap beserta gejala, mutasi dan juga awal mula penyebarannya. Tentang Virus Hepatitis Misterius

Virus Hepatitis misterius adalah varian baru dari virus Hepatitis yang belum diketahui mutasi penyebarannya. Virus Hepatitis misterius ini lebih mudah terjangkit pada anak-anak.

Virus Hepatitis misterius ini telah menyebar di beberapa negara di benua Amerika, Eropa dan juga Asia. Awal Mula Penyebaran Virus Hepatitis Misterius

Pada 5 April 2022, Organisasi Kesehatan Dunia, WHO pertama kali menerima laporan mengenai 10 kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown aetiology ) pada anak-anak usia 11 bulan-5 tahun pada periode Januari hingga Maret 2022 di Skotlandia Tengah.

Baca Juga :
Gejala Awal Penyakit Hepatitis Akut dan Cara Mencegahnya

Kasus ini lalu menyebar di beberapa negara di Eropa, Amerika dan Asia. Hingga kini,jumlah laporan kasus ini terus bertambah. Tercatat lebih dari 170 kasus dilaporkan oleh lebih dari 12 negara.

Akibatnya, WHO menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus Hepatitis Akut yang menyerang anak-anak secara misterius ini.

Di Indonesia, virus Hepatitis misterius ini diduga menyebar berawal dari temuan kasus tiga pasien anakyang meninggal dunia di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta pada April 2022.

Ketiga anak tersebut diduga mengidap penyakit Hepatitis misterius yang belum diketahui penyebabnya. Mutasi Virus Hepatitis Misterius

Kenapa disebut Hepatitis misterius? Karena belum diketahui mutasi penyebarannya. Dalam beberapa pemeriksaan laboratorium, tidak ditemukan mutasi dari virus Hepatitis A, B, C, D, dan E dalam tubuh pasien penderita Hepatitis misterius ini, sehingga belum diketahui asal dari penyebaran varian baru Hepatitis ini. Gejala Virus Hepatitis Misterius

Baca Juga :
Hepatitis Akut Misterius Disebabkan Virus, Bukan Vaksin Covid-19

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI), dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) memeberikan beberapa gejala yang bisa mengindikasikan pasien terjangkit virus Hepatitis misterius, gejalanya adalah:

- Perubahan warna urine (gelap) dan/atau feses (pucat)

- Kuning

- Gatal

- Nyeri sendi atau pegal-pegal

- Demam tinggi

- Mual-muntah

- Nyeri perut

- Lesu

- Hhilang nafsu makan

- Diare

- Kejang Imbauan Agar Tidak Terkena Virus Hepatitis Misterius

dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) juga memberikan beberapa imbauan yang bisa dilakukan agar tidak terkena virus Hepatitis misterius terutama kepada orangtua , diantaranya adalah:

- Mencuci tangan

- Meminum air bersih yang matang

- Makan makanan yang bersih dan matang penuh

- Membuang tinja dan atau popok sekali pakai pada tempatnya

- Menggunakan alat makan sendiri-sendiri

- Memakai masker dan menjaga jarak

- Jika menemukan gejala-gejala yang telah disebutkan diatas sepertikuning, mual/muntah, diare, nyeri perut, penurunan kesadaran/kejang, lesu, demam tinggi pada anak, bisa segera bawa anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Nah, itulah fakta-fakta virus Hepatitis misterius lengkap beserta gejala, mutasi dan juga awal mula penyebarannya.

Original Source

Topik Menarik