BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis 98S di Selatan Jawa Bagian Barat, Begini Dampaknya

BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis 98S di Selatan Jawa Bagian Barat, Begini Dampaknya

Seleb | celebrities.id | Rabu, 27 April 2022 - 17:11
share

JAKARTA, celebrities.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi Bibit Siklon Tropis 98S di Samudera Hindia selatan Jawa bagian Barat. BMKG meminta agar waspada dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia.

Bibit Siklon Tropis 98S terpantau berada di Samudera Hindia selatan Jawa bagian barat, tepatnya di 12.8LS, 104.3BT, tulis BMKG, Rabu (27/4/2022).

BMKG mendeteksi Bibit Siklon Tropis 98S ini bertekanan 1000.1mb dengan kecepatan angin maksimum 30 knot. Bergerak perlahan ke arah timur-tenggara.

Diperkirakan potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah, kata BMKG.

Sementara, dampak dari Bibit Siklon Tropis 98S yakni sedang hingga lebat dalam 24 jam ke depan di beberapa daerah di sekitar Pulau Jawa hingga perairan Bengkulu. Di antaranya, Pesisir barat Bengkulu, DKI Jakarta, Lampung, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kemudian potensi gelombang laut tinggi 1.25 -2.5 meter di Perairan Selatan Garut hingga P. Sumba, Laut Sawu, Perairan Kupang - P. Rote, dan Samudra Hindia selatan Bali - NTT.

Selain itu, gelombang laut tinggi 2.5-4.0 meter di Perairan barat Kep. Simeulue hingga Kep. Mentawai, Perairan P. Enggano - Bengkulu, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Perairan selatan Banten - Cianjur, dan Samudra Hindia barat Sumatra hingga selatan Jawa.

Topik Menarik