Deretan Wasiat Dorce Gamalama Sebelum Meninggal

Deretan Wasiat Dorce Gamalama Sebelum Meninggal

Seleb | okezone | Kamis, 17 Februari 2022 - 08:48
share

JAKARTA - Dorce Gamalama menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 16 Februari 2022, sekitar pukul 07.30 WIB. Artis serba bisa tersebut diketahui meninggal dunia setelah sebelumnya berjuang melawan Covid-19 dengan komorbid diabetes.

Sebelum meninggal dunia, Dorce dikabarkan sempat memberikan wasiat pada orang-orang terdekatnya. Bukan hanya kepada anak-anak angkatnya, tetapi juga keluarga serta pengurus masjid.

Dorce Gamalama

Berikut, wasiat Dorce Gamalama sebelum meninggal dunia :

1. Pasrah dimakamkan sebagai laki-laki atau perempuan

Dorce Gamalama sempat menjadi bintang tamu dari podcast milik Denny Sumargo. Dalam kesempatan tersebut, ia sempat mengatakan bahwa dirinya ingin dimakamkan sebagai seorang perempuan.

"Ya (dimakamkan) sebagai saya sekarang. Karena saya memang after operation saya perempuan, saya punya kelamin perempuan. Ya mandikan saya dengan perempuan," ucap Dorce Gamalama.

Akan tetapi, ucapan dari artis 58 tahun itu memicu kontroversi di kalangan ulama. Hingga akhirnya Dorce sempat meralat ucapannya dan mengaku ikhlas untuk dimakamkan sebagai seorang laki-laki atau perempuan.

"Orang sudah mulai banyak membicarakan kematian saya. Seandainya memang saya meninggal, uruslah jenazah saya. Seandainya laki-laki yang urus, uruslah. Seandainya perempuan yang urus, uruslah sesuai dengan kelamin yang saya miliki. Insyaallah saya ikhlas," tuturnya dalam videonya di akun Instagram.

2. Siapkan kain kafan dan liang lahat

Saat membicarakan soal kematian dihadapan Denny Sumargo, Dorce mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatu menjelang ajalnya. Ia bahkan mengaku sudah menyiapkan kain kafan untuk digunakan olehnya saat meninggal nanti, termasuk liang lahat.

"Karena saya punya kain kafan sendiri. Saya punya kuburan sendiri. Ya saya punya sendiri. Di rumah saya di Lubang Buaya ada masjid, di masjid itu saya berpulangnya," jelasnya.

3. Anak dan keluarga jadi penentu proses pemakaman

Usai ucapannya menjadi kontroversi, Fatimah selaku anak angkat dari Dorce menyebut bahwa ibundanya memilih untuk menyerahkan proses pemakamannya pada sang anak. Termasuk menyetujui dirinya dimakamkan sebagai seorang laki-laki.

"Jadi Mama sudah menyerahkan kepada kita, anak-anak jikalau terjadi seperti ini, Mama nyerahin ke kita untuk sesuai dengan lahirnya Mama," kata Fatimah.

Tak hanya itu, keluarga juga sepakat untuk memakamkan Dorce satu liang lahat dengan keponakannya di TPU Bantar Jati. Hal tersebut terjadi lantaran sudah tak ada lagi lahan untuk kuburan baru, sementara Dorce diketahui meninggal dunia lantaran Covid-19.

Topik Menarik