Bakal Calon Bupati Ivan Kuntara: Rakyat Purwakarta Bakal Nikmati Ekonomi Hijau 

Bakal Calon Bupati Ivan Kuntara: Rakyat Purwakarta Bakal Nikmati Ekonomi Hijau 

Terkini | purwakarta.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 09:00
share

 PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id – Tekad bakal calon Bupati Purwakarta, Jawa Barat Ivan Kuntara untuk membangun Ekonomi Hijau bakal segera terealisasi.

Perkumpulan Petani Rempah Indonesia (PPRI) telah resmi mengantongi payung hukum berupa Hak Kekayaan Intelektual. Dengan demikian, Ivan, jebolan IPB yang saat ini tercatat sebagai Ketua Umum PPRI ini, lebih leluasa mewujudkan cita-citanya membuka sejumlah proyek perkebunan.

Berkomitmen ingin meningkatkan taraf ekonomi masyakarat, Ivan berniat membangun Ekonomi Hijau (Green Economy) dan swasembada pangan melalui Intensifikasi Padi Huma.

Recananya akan dibuka 500 Ha untuk perkebunan kelor dan 2.000 Ha perkebunan kemiri sunan dengan tumpang sari padi huma. Selain itu, juga akan didirikan pabrik pengolahan tepung daun kelor. Saat ini PPRI segera membuat tim survei yang akan diterjunkan ke lokasi. 

 

Seperti diketahui sebelumnya, untuk mengawali proyek tersebut PPRI sudah menjalin kerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). 

Perkebunan kelor akan dipusatkan di Kecamatan Maniis dan Tegalwaru. Sedangkan perkebunan kemiri sunan akan dibuka di Kecamatan Sukasari. Ivan  menjelaskan bahwa budidaya kelor dan kemiri sunan memiliki prospek yang cerah di masa depan. 

Dia mengatakan bahwa program ini dilaksanakan sebagai pilot project nasional. Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi rakyat yang berbasis pertanian dan perkebunan.

Setelah lahan dibuka, warga setempat akan diberi kesempatan untuk menggarap. Dari 500 Ha perkebunan kelor, setiap warga akan memperoleh masing-masing 2 Ha. 

 

Adapun pabrik pengolahan tepung kelor yang akan dibangun, dipastikan akan merekrut banyak tenaga kerja lokal. Produksi dari pabrik ini akan diekspor ke Saudi Arabia, Jepang, Rusia, dan beberapa negara Eropa. 

Dalam perhelatan Pilkada Purwakarta yang akan digelar pada 27 November 2024, Ivan masuk dalam bursa bakal calon bupati. Saat ini dia bersama tim pemenangannya terus berinteraksi dengan berbagai kalangan.

Selama ini sosok  Ivan Kuntara dikenal dekat kalangan pemuka agama. Beberapa momen kedekatan Ivan dengan ulama sudah banyak diketahui publik.
Teranyar, Ivan bersama puluhan ulama Purwakarta dari berbagai organisasi, duduk bersama   dalam tabligh akbar Ustadz Abdul Somad (UAS) belum lama ini.***

Topik Menarik