Bikin Resah Masyarakat, Sejumlah Oknum Juru Parkir Liar Diamankan Tim Saber Pungli

Bikin Resah Masyarakat, Sejumlah Oknum Juru Parkir Liar Diamankan Tim Saber Pungli

Terkini | pemalang.inews.id | Jum'at, 19 April 2024 - 09:10
share

KARAWANG, iNewsPemalang.id - Petugas dari Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Tim Saber Pungli) Karawang mengamankan 25 juru parkir (jukir) liar yang diduga melakukan pungli di sejumlah lokasi.

Tak berhenti sampai di situ, Tim Saber Pungli juga masih akan menyisir sejumlah lokasi seperti minimarket, terminal bus hingga tempat wisata yang diduga terdapat oknum pelaku pungli parkir liar.

Dikutip dari iNews Jabar, Jumat (19/4/2024), Ketua Satgas Saber Pungli, Kompol Prasetyo mengatakan, ada 25 orang juru parkir liar yang ditangkap karena diduga melakukan pungli di sejumlah lokasi. Mayoritas para pelaku diamankan di tempat wisata dan minimarket.

"Mereka pungli terhadap pengunjung di tempat parkir dengan mematok tarif parkir seenaknya di luar ketentuan," ujar Kompol Prasetyo, Kamis (18/5/24).

Kompol Prasetyo menambahkan, Tim Saber Pungli turun ke lapangan setelah banyak pengaduan masyarakat mengeluhkan tarif parkir kendaraan yang terlalu mahal. Menurutnya, itu banyak terjadi di tempat wisata dan minimarket.

"Kami sudah mengamankan sebanyak 25 orang yang terbukti memungut uang parkir terlalu besar. Lokasinya di tempat wisata dan minimarket," imbuhnya.

Selain mengamankan 25 orang jukir liar, Tim Saber Pungli juga mengamankan barang bukti uang sebanyak Rp516.000 yang berasal dari penarikan parkir liar yang tidak sesuai ketentuan.

"Mereka memungut uang parkir tidak sesuai ketentuan dan terlalu tinggi tarifnya. Itu menjadi keluhan masyarakat," tandasnya.

Selanjutnya, para pelaku pungli yang diamankan, menurut Kompol Prasetyo, mereka akan dibina agar tidak mengulangi perbuatannya. Mereka juga diwajibkan membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatan pungli.

"Kami amankan untuk dilakukan pembinaan terhadap mereka," ujarnya.

Topik Menarik