Jangan Anggap Sepele, Ini Fungsi Penting Tutup Pentil Ban pada Kendaraan

Jangan Anggap Sepele, Ini Fungsi Penting Tutup Pentil Ban pada Kendaraan

Otomotif | inews | Selasa, 16 April 2024 - 10:10
share

JAKARTA, iNews.id - Sebagian besar orang menganggap tutup pentil (valve cap) hanya benda kecil pelengkap kendaraan. Mereka percaya tanpa tutup pentil ban tidak akan kempes dan kendaraan akan berjalan normal.

Benarkah demikian? Dilansir dari laman Suzuki, di balik kecilnya tutup pentil sebenarnya memiliki beberapa fungsi penting untuk kendaraan. Jadi jangan heran bila valve cap hilang, Anda bisa kena tilang polisi.

Untuk mengetahui lebih detil, berikut fungsi penting tutup pentil pada kendaraan.

1. Mencegah kotoran atau benda asing masuk

Saat Anda ingin mengurangi angin atau mengempeskan ban, ini bisa dilakukan dengan menekan bagian penonjok pada tengah pentil. Udara dari dalam ban akan keluar.

Tanpa ditekan atau tertusuk benda tajam, ban tidak akan mengempis, termasuk ketika pentil tidak diberi tutup. Meski demikian, pentil perlu ditutup agar terhindar kotoran atau benda asing.

Di dalam pentil ban terdapat beberapa komponen penting. Ketika pentil tidak ditutup dan kemasukan kotoran, ini akan mengotori komponen-komponen penting pada pentil. Salah satu komponen penting tersebut ialah sil karet.

Ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai penahan angin agar udara di dalam ban tidak bocor atau keluar.

Jika sil karet sampai rusak karena kotoran atau benda keras yang masuk ke dalam ban, ini bisa mengakibatkan kebocoran halus. Ketika bagian dalam ban terisi kotoran, ini juga bisa menghambat saat menambah atau mengisi angin ban.

Selain itu, kebersihan pentil pada ban kendaraan juga perlu diperhatikan. Meskipun sudah memakai penutup, ketika kebersihan pentil tidak dijaga, tetap akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk ban kendaraan Anda.

2. Menjaga tekanan angin

Fungsi lain dari tutup pentil motor atau mobil, yaitu untuk menjaga tekanan angin dalam ban agar tidak keluar atau bocor. Walaupun tanpa ditutup, angin dalam ban tak akan keluar namun tutup pentil akan mencegah keluarnya angin saat terjadi tekanan tak terduga.

Misalnya, saat dalam perjalanan, ban kendaraan Anda akan sangat mungkin melindas batu atau benda lain yang membuat roda tertekan. Jika pentil tidak memiliki penutup, maka angin dalam ban yang tertekan akan keluar.

Berbeda saat pentil ditutup, tekanan angin tak akan bisa keluar karena terhalang, sehingga ban tidak kempes. Tutup pentil juga mencegah terjadinya rembesan udara dari dalam yang mungkin terjadi.

3. Mencegah ban pecah

Tak hanya menjaga tekanan angin dalam ban, pentil perlu ditutup agar terhindar dari kemungkinan ban pecah. Saat kendaraan digunakan melaju di jalanan butuh tekanan ban yang ideal. Jika tekanan udara pada ban berkurang ini akan membuat tidak stabil.

Kondisi demikian bisa membahayakan pengendara. Sebab, dalam kondisi tersebut kawat penyangga pada ban akan bekerja lebih keras guna menahan beban ekstra yang disebabkan tekanan udara berkurang. Jika kondisi tersebut dibiarkan atau tidak disadari, kawat akan putus dan membuat ban benjol atau pecah.

4. Mencegah kemasukan air

Tutup pentil mobil dan motor juga memiliki fungsi lain, yaitu mencegah masuknya air pada ban. Pada bagian dalam ban terdapat bahan logam yang akan berkarat atau mengalami korosi ketika bersentuhan langsung dengan air.

Korosi ini bisa terjadi pada katup yang kemudian membuatnya bocor. Sebab itu, sangat penting untuk menjaga pentil agar tak kemasukan air.

Anda sebaiknya berhati-hati ketika berkendara di area berair atau saat hujan tiba. Pastikan bahwa valve cap pada kendaraan masih terpasang dengan baik guna menghindari berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

5. Sebagai dekoratif

Tak hanya fungsi penting, tutup pentil juga memiliki fungsi estetis sebagai hiasan pada kendaraan. Tutup pentil tersedia dalam berbagai jenis, bentuk dan bahan. Beberapa jenis memang sengaja dirancang sebagai tutup untuk mempercantik tampilan ban kendaraan bermotor.

Sebagai dekorasi, valve cup jenis ini memiliki berbagai bentuk dan warna. Misalnya warna-warna cerah, bentuk ujung tutup yang lancip, menyerupai bola, tengkorak, dadu, dan sebagainya.

Melihat fungsi di atas, apabila tutup pentil hilang segera pasang kembali. Jangan meremehkan hilangnya komponen kecil ini karena memengaruhi keamanan berkendara.

Topik Menarik