Aksi Pencurian Kaca Spion Mobil Resahkan Warga, Begini Cara Mencegahnya

Aksi Pencurian Kaca Spion Mobil Resahkan Warga, Begini Cara Mencegahnya

Otomotif | inews | Senin, 29 April 2024 - 15:11
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial sebuah rekaman CCTV yang memperlihatkan pencuri spion mobil di kawasan perumahan Depok, Jawa Barat. Pelaku terlihat sangat mudah dalam melancarkan aksinya yang dilakukan dalam hitungan detik.

Video itu dibagikan akun Instagram @infodepok_id. Terlihat sejumlah mobil terparkir di sebuah halaman dengan pagar besi pendek. Tapi, hanya satu mobil yang menjadi incaran pelaku untuk digasak spionnya.

“Kejadian maling spion mobil hari ini Jumat, 26 April 2024 Pukul 12.27 WIB di Taman Manggis Permai, Sukamaju, Cilodong. Ini udah kejadian yang ke 4x nya. Tolong bantu pantau,” tulis akun tersebut dalam unggahan videonya.

Terlihat pelaku yang menggunakan sweater hitam dengan helm putih melompati pagar besi. Kemudian, pria tersebut menghampiri mobil berwarna abu-abu dan langsung menggasak dua spion.

Pelaku membekap spion tersebut, kemudian menggerakkan badan ke bawah untuk melepaskan spion dari tempatnya. Saat terlepas, pria tersebut menggunakan semacam pisau untuk memutus kabel yang terpasang pada spion tersebut.

Lalu, pria tersebut memasukkan kedua spion curiannya ke dalam pakaian agar tidak kelihatan warga. Pria tersebut sempat bersembunyi di balik mobil lain saat ada warga melintas menggunakan sepeda motor.

Usai kondisi dirasa sepi, pria tersebut menghampiri motornya kembali yang dijaga oleh rekannya. Setelah itu, pelaku dengan cepat meninggalkan lokasi.

Berdasarkan keterangan unggahan tersebut, kejadian tersebut sudah berlangsung sebanyak empat kali. Itu menandakan keamanan di kawasan tersebut perlu diperketat untuk mempersempit ruang gerak pelaku pencurian.

Untuk mencegah pencurian spion mobil, ada beberapa cara yang dapat dilakukan pemilik kendaraan. Parkir di tempat terbuka dan ramai, selalu hidupkan sensor getar pada alarm, dan grafir kaca spion.

Melihat aksi tersebut, banyak warganet yang juga menyampaikan keresahan atas maraknya maling spion mobil. Netizen berharap pelaku cepat tertangkap dan penjagaan di perumahan lebih diperketat.

“Ehhh itu dkt bgt sm rumah.. Jd tkut parkir di situ. Tmn jg prnh kehilangan spion,” tulis @astuti***.

“Ya, moga2 cepat ketangkap ,jgn diberi ampun masukkan ke penjara,” ucap @fitriani***.

“Ini mobil suami saya minta tolong ditindak pelakunya ya. kayanya sudah mahir bgt sindikat,” ujar @suci***.

Topik Menarik