Viral, Calon Penumpang Bandara YIA Diminta Sikap Sempurna saat Lagu Indonesia Raya Diputar

Viral, Calon Penumpang Bandara YIA Diminta Sikap Sempurna saat Lagu Indonesia Raya Diputar

Otomotif | inews | Senin, 29 April 2024 - 09:59
share

JAKARTA, iNews.id – Aktivitas Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, berjalan seperti biasa dengan hiruk pikuk calon penumpang. Namun, pemandangan tak biasa hadir saat lagu kebangsaan Indonesia Raya diputar.

Video yang memperlihatkan seluruh penumpang yang akan masuk maupun meninggalkan Bandara YIA langsung mengambil sikap sempurna dibagikan akun Instagram @folkshitt. Bahkan, penumpang yang tak memperhatikan ditegur agar berhenti sejenak.

“Setiap hari jam 9/10 paginya semua orang di Bandara YIA harus dian dengan sikap berdiri sempurna dengarkan lagu Indonesia Raya,” bunyi keterangan dalam video tersebut.

Terlihat semua orang mengambil berdiri dengan sikap sempurna sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semua aktivitas berhenti sementara hingga lagu kebangsaan selesai diputar.

Ternyata, aktivitas ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu oleh Bandara YIA untuk meningkatkan nilai kebangsaan kepada masyarakat. Ini dilakukan untuk selalu mengingatkan perjuangan para pahlawan.

Hal semacam tersebut juga dilakukan di beberapa tempat, seperti rumah sakit umum daerah, dan pusat pemerintahan. Selain lagu Indonesia Raya, kerap juga diputar lagu-lagu nasional lain seperti Indonesia Pusaka, Bagimu Negeri, dan lainnya.

Melihat video tersebut, banyak netizen yang merasa kagum dengan apa yang dilakukan Bandara YIA. Bahkan, mereka meminta banyak tempat umum melakukan hal sama demi meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat.

“Kereeen sih ada Provinsii yg kayak gini aturannya,” ujar @katonbagaskara.

“Harus selalu diputar di tempat tempat umum lagu Indonesia Raya,” tulis @donny***.

“Keren nih. Bisa ditempatkan di mana saja nih sebenarnya biar membangunkan rasa nasionalisme,” kata @hdpra***.

“Kalo di jogja di semua instansi pemerintahan dan tempat umum memang diwajib mengumandangkan lagu "Indonesia Raya" setiap jam 10.00,” ucap @fleur***.

“@jokowi @gibran_rakabuming mas boleh dong setiap terminal dan stasiun atau pun pelabuhan diginiin biar menambahkan jiwa nasionalisme,” ujar @unanimous***.

“Kebetulan pernah ngalamin agak kaget sekaligus merinding. Emg daerah istimewa Yogyakarta tuh,” kata @mipa***.

Topik Menarik