Penjualan Mobil Listrik di Dunia Masih Rendah, Ternyata Ini Penyebabnya

Penjualan Mobil Listrik di Dunia Masih Rendah, Ternyata Ini Penyebabnya

Otomotif | inews | Senin, 25 Maret 2024 - 13:54
share

JAKARTA, iNews.id Pertumbuhan mobil listrik di seluruh dunia mulai terlihat, tapi penjualannya masih jauh dari harapan. Sebab, banyak orang masih ragu menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai karena infrastruktur kurang memadai.

Tapi, di Amerika Serikat (AS) sekitar 70 persen konsumen mulai mempertimbangkan membeli mobil listrik di masa depan. Kendati begitu, ada beberapa faktor membuat mereka mengurungkan niat memboyong mobil listrik.

Dilansir dari Carscoops, produsen mengalami kerugian dalam menjual kendaraan listrik di Amerika Serikat. Rata-rata, mereka kehilangan sekitar 6.000 dolar AS atau setara Rp95 jutaan untuk setiap mobil listrik yang mereka jual dengan harga 50.000 dolar AS (Rp790 jutaan).

Kondisi ini menuntut produsen dan pihak terkait untuk mencari solusi dalam meningkatkan minat konsumen memboyong mobil listrik. Salah satu caranya adalah menawarkan mobil listrik dengan harga lebih murah dan memiliki jarak tempuh panjang.

Penelitian BCG menemukan konsumen mobil listrik menginginkan kendaraan yang dapat diisi dayanya dalam 20 menit, menawarkan jarak tempuh 350 mil (563 km), dengan harga sekitar 50.000 dolar AS (Rp790 jutaan) atau lebih rendah.

Hyundai Ioniq 6 SE RWD Long Range adalah salah satu contoh EV yang mendekati keinginan konsumen. Mobil ini memiliki jangkauan 581 km dan dapat diisi daya dari 10 persen hingga 80 persen dalam 18 menit, dengan harga mulai dari 40.950 dolar AS.

Namun, masih banyak yang harus dilakukan untuk mencapai tingkat kinerja dan harga yang diinginkan konsumen. Para produsen mobil perlu berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan baterai, motor listrik, dan teknologi pengisian daya yang lebih efisien.

Bagi pembeli yang tidak puas dengan kendaraan listrik generasi berikutnya, dapat dengan mudah beralih ke mobil hybrid. Diperkirakan mobil ini menguasai antara 15 dan 20 persen pasar AS mulai 2026.

Pengguna mobil listrik generasi berikutnya sebagian besar adalah orang berpenghasilan tinggi, millenial, dan yang tertarik dengan teknologi. Tapi mereka memiliki ekspektasi tinggi terhadap kendaraan tersebut dan lebih cuek terhadap fitur yang tertanam.

Topik Menarik