United E-Motor Bakal Bikin Motor Listrik Rp5 Jutaan, seperti Apa Modelnya?

United E-Motor Bakal Bikin Motor Listrik Rp5 Jutaan, seperti Apa Modelnya?

Otomotif | inews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 18:38
share

JAKARTA, iNews id - Pasar motor listrik di Indonesia saat ini semakin berkembang dengan hadirnya sejumlah brand asal China. Ini membuat produsen motor listrik asal Indonesia harus mengatur strategi dengan baik agar mampu bersaing.

Salah satu cara yang dilakukan United E-Motor sebagai produsen motor listrik lokal adalah dengan memproduksi motor listrik dengan harga terjangkau. Hal ini bertujuan agar seluruh kalangan masyarakat dapat menggunakan motor listrik.

Awan Setiawan, Head of Sales & Marketing Division United E-Motor mengatakan, United memiliki rencana untuk menarik pasar kelas bawah. Hal ini dikarenakan pengguna sepeda listrik dengan harga Rp3-5 juta semakin besar.

Kita juga lagi siapin untuk model yang benar-benar untuk kelas bawah, di bawah MX1200. Harganya Rp5-6 juta. Ini untuk upgrade para pengguna moped, sepeda listrik, kata Awan saat ditemui di United Building, Serpong, Tangerang, Sabtu (4/5/2024).

Namun, Awan mengatakan nantinya produk tersebut tidak akan menggunakan merek United E-Motor. Dia mengakui untuk membuat motor listrik dengan harga terjangkau, ada penurunan kualitas dibandingkan dengan yang sudah beredar.

Ya nanti sih mereknya bukan United E-Motor. Sama kaya sepeda lah, kita itu kan punya Patrol, Dominate, Avand, Genio, United, itu semua kan segmennya berbeda. Jadi nanti ada sub-brand-nya, ujarnya.

PT Terang Dunia Internusa itu kayak Astra. Ada merek United ada segmen quality ini kita jaga, nanti ada sub-bran, Avand E-Motor. Nah ini yang akan jadi project kita untuk masuk ke segmen bawah, ujar Awan.

Seperti diketahui, saat ini United E-Motor menjual MX1200 dengan harga Rp9.800.000 setelah disubsidi Rp7 juta dari pemerintah. Itu menjadi varian termurah dari produsen lokal tersebut saat ini.

Meski dijual dengan merek berbeda, motor listrik dengan harga murah juga akan dipasarkan pada diler yang sama. Tahun ini, United E-Motor memiliki target jaringan sebanyak 350 titik di seluruh Indonesia.

Target tahun ini kita authorized 50, satellit 100, plus modern market yang kita bangun itu 200. Makanya tahun ini kita punya jaringan 350 titik. Anggaplah satu titik itu (pejualan) 20 unit (sebulan), jadi total 7.000 unit (sebulan), katanya.

Topik Menarik