Honda dan Nissan Kolaborasi Kembangkan Kendaraan Listrik, Ini Target Mereka

Honda dan Nissan Kolaborasi Kembangkan Kendaraan Listrik, Ini Target Mereka

Otomotif | inews | Senin, 18 Maret 2024 - 18:51
share

JAKARTA, iNews.id Honda Motor Co Ltd menjalin kerja sama dengan Nissan Motor Co Ltd mengembangkan kendaraan listrik di Jepang. Kolaborasi ini bertujuan sebagai upaya mereka mempercepat netralitas karbon serta mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas dengan pengembangan teknologi keselamatan terbaru.

Seperti apa kemitraan kedua perusahaan otomotif Jepang ini? Kerja sama meliputi studi dan riset mengenai perangkat lunak otomotif, komponen inti terkait kendaraan listrik, serta berbagai produk lain.

President and Representative Executive Officer Honda, Toshihiro Mibe mengatakan, Honda memiliki visi global untuk mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada 2050. Untuk mewujudkan visi tersebut, Honda berencana memperkenalkan hingga 30 mobil berbasis listrik secara global pada 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahun.

"Dalam periode transformasi industri otomotif yang terjadi sekali dalam satu abad ini, kami akan mengkaji potensi kemitraan antara Nissan dan Honda. Kriteria penelitian kami adalah apakah sinergi teknologi dan pengetahuan yang telah dikembangkan oleh perusahaan kami memungkinkan menjadi pemimpin industri dengan menciptakan nilai baru bagi industri otomotif, ujarnya, dalam keterangan pers dilansir Senin (18/3/2024).

President and CEO Nissan, Makoto Uchida mengatakan penting untuk mempersiapkan diri menghadapi peningkatan laju transformasi mobilitas dalam jangka menengah hingga jangka panjang.

"Penting bagi kami mencapai kesepakatan ini berdasarkan pemahaman bersama bahwa Honda dan Nissan menghadapi tantangan yang sama. Kami menantikan diskusi lebih lanjut bertujuan menemukan solusi saling menguntungkan bagi pertumbuhan berkelanjutan, katanya.

Di Indonesia, Honda telah memasuki era elektrifikasi dengan meluncurkan dua mobil hybrid, yaitu All New Honda CR-V RS e:HEV dan All New Honda Accord RS e:HEV. Sementara itu, untuk kendaraan listrik, Honda memasuki tahap riset dan pengenalan.

Di mana sebagai bagian dari riset tersebut Honda telah melakukan kolaborasi bersama Universitas Indonesia dan Pertamina. Kemudian dalam tahap pengenalan, Honda berkolaborasi dengan Jakarta Good Guide berkeliling Jakarta menggunakan teknologi elektrifikasi.

Topik Menarik